Menu

Korban Meninggal Akibat Covid-19 Melonjak, 5 Liang Kubur Digali Tiap Hari di TPU Bungus

  Dibaca : 280 kali
Korban Meninggal Akibat Covid-19 Melonjak, 5 Liang Kubur Digali Tiap Hari di TPU Bungus
APD LENGKAP— Proses pemakaman pasien meninggal akibat Covid-19 menerapkan protokol kesehatan ketat. Petugas medis yang membawa jenazah dalam peti berpakaian APD lengkap saat dibawa ke TPU khusus pasien Covid-19 di Bungus.

BALAIBARU, METRO–Meningkatnya angka penularan kasus Covid-19 di Kota Padang, berpengaruh langsung pada korban yang meninggal dunia dan dikubur di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bungus, Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Data Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, jumlah korban yang meninggal karena serangan Covid-19 meningkat.

Kepala DLH Kota Pa­dang, Mairizon mengata­kan ada lima lubang kubur kosong yang disiapkan tiap harinya di lokasi pema­ka­man khusus pasien Covid-19 di Bungus. Ketika lubang itu berisi, maka petugas makam wajib menggali lagi.

Selama dua minggu belakangan, kata Mairizon, ada peningkatan jenazah yang dikubur di sana. Saat ini, jumlah jenazah pasien corona yang dikubur di TPU Bungus mencapai se­ba­nyak 206 jenazah. Selain itu, penguburan jenazah de­ngan protokol Covid-19 ju­ga tersebar di berbagai pe­makaman milik masya­ra­kat.

“Untuk menghadapi kemungkinan lonjakan, kita selalu menyiapkan lubang kuburan kosong disana. Penggali kubur selalu stan­by,” tandas Mairizon.

Dijelaskan, jenazah pa­sien Covid-19 yang dikubur di TPU Bungus, sebagian adalah warga berdomisi atau ber-KTP dari luar Kota Padang. Sementara yang ber-KTP Padang, biasanya dikubur pihak keluarga di pemakaman keluarga me­reka. “SOP penentuan lo­kasi tetap kita serahkan pada pihak keluarga,” tan­das Mairizon.

Menurut Mairizon, saat ini, sisa lahan di bungus adalah 9382 M2. Jika di­kon­versikan, bisa memuat 3.127 jenazah lagi.

Sementara, berda­sar­kan situs corona.­padang.­go.id, korban meninggal karena Covid-19 di Kota Padang mencapai 410 orang. Sementara yang sta­tus­nya suspec saat ini ada­lah sebanyak 279 orang. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional