Menu

Koperasi Milenial Online Syariah Hadir di Bukittinggi

  Dibaca : 118 kali
Koperasi Milenial Online Syariah Hadir di Bukittinggi
PERESMIAN— Anggota DPR RI Komisi VI, Nevi Zuairina menghadiri peresmian Koperasi Milenial Online Syariah di Istana Bung Hatta Bukittinggi.

BUKITTINGGI, METRO
Koperasi Milenial Online (Kopilo) Syariah hadir di Kota Bukittinggi. Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) berbasis online tersebut, diresmikan oleh Anggota DPR RI Komisi VI, Nevi Zuairina, di Istana Bung Hatta Bukittinggi, Sabtu (23/1).

Turut hadir dalam peresmian, Wali Kota Bukittinggi yang diwakili Asisten II Isra Yonza, Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI Sumbar, ketua himpunan asosiasi dan Organisasi di Bukittinggi, pengurus beserta anggota Kapilo Syariah Bukittinggi, dan undangan lainnya. Dalam kegiatan peresmian itu, sekaligus dilakukan pengguntingan pita pembukaan Kantor Kopilo Syariah Bukittinggi oleh Nevi Zuairina yang berlokasi di Belakang Balok.

Menurut Ferdian yang juga selaku Ketua HIPMI Kota Bukittinggi, semua kebutuhan informasi tentang Kopilo Syariah sudah bisa diketahui dan diakses melalui aplikasi Kopilo di Google Play Store. Setiap anggota juga dapat mengetahui perkembangan transaksi keuangan koperasi lewat aplikasi tersebut, sehingga tidak ada anggota koperasi yang dirugikan.

Ini semua terang Ferdian, dilakukan karena Kopilo mengutamakan ketransparanan sebuah akutansi ekonomi di dalam sebuah koperasi. “Alhamdulillah hingga saat ini, aplikasi Kopilo sudah didownload oleh 3000 downloader se-Indonesia,” tukasnya.

Ia menjelaskan, bahwa anggota koperasi aktif dalam bentuk simpanan pokok dan simpanan wajib lebih kurang 110 orang. Kemudian yang mendaftar atau yang belum memasukan simpanan pokok atau simpanan wajib sekitar 150 orang.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan memberikan dukungan sampai Kopilo bisa berdiri dan beroperasi,” ujar Ferdian.

Plt Asisten II Setdako, Isra Yonza menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas dibukanya Kapilo Syariah di Bukittinggi. Menurutnya, Bukittinggi dengan empat sektor unggulan yang salah satu adalah perdagangan dan jasa, maka pelaku UMKM dan IKM di Kota Bukittinggi tentu sangat membutuhkan permodalan.

“UMKM dan IKM berada pada posisi tertinggi sebagai pelaku ekonomi di Bukittinggi. Dengan kehadiran Kopilo Syariah di Bukittinggi diharapkan dapat membantu dan memajukan pelaku UMKM yang ada, karena geliat perekonomian di Bukittinggi tidak terlepas dari pelaku UMKM tersebut,” ujar Isra Yonza.

Hal yang sama juga disampaikan Anggota DPR RI Komisi VI, Nevi Zuairina. Menurut Nevi, dengan dibukanya KSPPS Kopilo Syariah di Bukittinggi, diharapkan bisa ikut menggerakkan dan membangkitkan UMKM di Sumbar, khususnya di Bukittinggi.

Apalagi ungkap Nevi, Kopilo Syariah yang digagas oleh kaum milenial ini, peresmian dan operasionalnya dilakukan di tengah masa pandemi. Ini tentunya menjadi sebuah peluang ekonomi berbasis digital bagi pelaku UMKM dan IKM.

“Mitra kerja Komisi VI DPR RI ini salah satunya adalah Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Untuk saya sangat mendukung kehadiran Kopilo Syariah di Bukittinggi yang juga satu-satunya di Sumbar. Mudah-mudahan kedepan, Kopilo Bukittinggi ini menjadi contoh koperasi online di Indonesia,” ujar Nevi, yang merupakan istri Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional