Menu

Kondisi Jalan Sekitar Ibukota Memprihatinkan, Murid SD Dua Korong Kalimpungan

  Dibaca : 46 kali
Kondisi Jalan Sekitar Ibukota Memprihatinkan, Murid SD Dua Korong Kalimpungan
TINJAU— Dengan bertelanjang kaki Bupati Padangpariaman Ali Mukhni saat melakukan peninjauan jalan di salah satu daerah di Padangpariaman (efa nurza/posmetro)

PDG.PARIAMAN, METRO – Wali Nagari Parit Malintang, Kecamatan Enam Lingkung, Syamsuardi menyatakan kondisi jalan yang menghubungan dua korong dalam Kenagarian Paritmalintang hingga kini sangat memprihatinkan.

Akibatnya, anak murid Sekolah Dasar (SD) dalam dua Korong Padangtoboh dan Hilalang Gadang kalimpungan dan terpaksa berjalan serba hati-hati, karena banyak jurang-jurang lubangnya. Kondisi jalan yang demikian telah banyak anak-anak yang terjerumus masuk lubang jalan.

“Padahal jalan tersebut berdekatan dengan pusat Ibukota Kabupaten Padangpariaman ( kantor Bupati Padangpariaman). Bahkan jaln tersebut dekat dengan Mapolres Padangpariaman. Kita berharap tahun 2019 ini diaspal hotmik oleh Pemkab Padangpariaman,” kata Walinagari Paritmalintang H Syamsuardi, kemarin.

Katanya, kalau tidak juga diaspal dalam APBD Padnagpariaman 2019 ini apalah yang akan terjadi, karena masyarakat dalam dua korong tersebut telah berulang kali bertanya kepada para pimpinan nagari. Kenapa tidak, kondisi jalan yang demikian dua korong tersebut hingga kini masih terisolir. Padahal, pihak terkait ( Dinas PU Padangpariaman ) telah berulang kali melakukan peninjauan dan pengukuran jalan tersebut.

“Tapi, sampai kapan kita menunggu agar jalan yang menghubungan Korong Padangtoboh dan Hilalanggadang ini diaspal beton. Bapak Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni telah menyatakan kesiapannya untuk memasukan anggaran untuk pengaspalannya. Jadi kita saat ini menunggu, kalau tidak juga tentu masayarakat kita tidak lagi percaya dengan pimpinannya,” ungkapnya.

Sebelumnya, lanjut Syamsuardi, Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni telah rencanakan pengaspalan jalan tersebut. Makanya, ia sangat mengapresiasi Bupati Ali Mukhni terkait rencana kelanjutan pengaspalan ruas jalan menuju Korong Padang Toboh yang terletak tidak jauh dari Komplek Kantor Bupati di Nagari Parit Malintang.

Pasalnya, seperti ditegaskan Bupati Ali Mukhni kepada pihaknya baru-baru ini, bahwa Pemkab Padangpariaman berencana bakal melanjutkan program pengaspalan jalan menuju korong Padang Toboh. “Bahkan untuk tahap awal rencananya pada tahun ini, akan didahului dengan pengerasan ruas jalan sepanjang lebih kurang 1 KM, barulah pada tahun berikutnya, akan dilanjutkan dengan pengaspalan atau hotmix,” terangnya.

Pihaknya bersama masyarakat Paritmalintang sebut, khususnya warga Korong Padang Toboh jelas sangat menyambut gembira program pengaspalan jalan di kawasan itu, karena bagaimanapun ruas jalan tersebut merupakan sarana yang sangat fital untuk menuju korong Ilalang Gadang maupun jalan lingkar yang terdapat di sekitar komplek Kantor Bupati Padangpariaman

Dengan alasan itu, pihaknya dari pemerintahan nagari saat ini juga tengah berupaya membenahi ruas jalan tersebut. Salah satunya dengan melanjutkan program rabat beton di kawasan itu. “Karena saat musim penghujan kondisi ruas jalan di kawasan itu sering mengalami becek serta licin dilewati. Makanya sebagai langkah antisipasi sementara kita memutuskan untuk bergoro sembari membersihkan ruas jalan tersebut, sekaligus melanjutkan dengan program rabat beton,”imbuhnya.

Seperti diketahui tegas walinagari yang tercatat satu almamater dengan wartawan senior Karni Ilyas ini, sejumlah titik ruas jalan di kawasan Korong Padang Toboh kondisinya memang cukup memprihatinkan, disebabkan karena ditumbuhi rerumputan.

“Karena itulah kita dari nagari akhirnya mengambil keputusan untuk membersihkannya secara bersama-sama dengan warga, sekaligus kita juga melanjutkan program rabat beton guna mengatasi licinnya medan ruas jalan di kawasan itu,” terangnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional