Close

Kondisi Jalan di Bawah Kantor KUA Barangin Memprihatinkan

TONG SAMPAH DI TENGAH JALAN— Warga meletakkan tong sampah di ruas jalan utama yang berada di bawah kantor KUA Barangin yang berlubang, sehingga membahayakan bagi pengendara dan perlu penanganan segera dari OPD Pemko Sawahlunto.

SAWAHLUNTO, METRO–Ruas jalan utama di bawah kantor KUA Kecamatan Barangin yang masuk jalan Sokarno Hatta di Kota Sawahlunto berlu­bang cukup dalam. Sehingga membahayakan bagi pengendara bermotor ro­da empat dan terutama roda dua bila berkendara di malam hari atau ditengah hujan deras. Karena keberadaan jalan yang berlubang tersebut tidak terlihat. Hal ini perlu penanganan dan perha­tian segera dari organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dalam waktu dekat.

Akibat jalan berlubang tersebut menimbulkan inisiatif bagi warga setempat untuk menanam pohon dan meletakkan tong sampah biru milik Dinas PKP2LH Sawahlunto di tengah jalan. Sebab dengan berlubangnya jalan yang cukup dalam bisa memicu kecelakaan terhadap kendaraan roda empat maupun pengedara roda dua bila tidak diberi tanda. Apalagi bila berkendara pada malam hari dan musim hujan.

Anggota DPRD Provinsi Sumbar asal Kota Sa­wah­lunto Taufik Syahrial (Tarjok) dari partai Nasdem yang juga anggota komisi IV ketika dihubungi via telepon seluler, Selasa (9/11) menginformasikan, bahwa ruas jalan utama Sawahlunto tersebut masuk jalan Guguk Cino. Dia sebagai anggota DPRD Provinsi Sumbar asal Sawahlunto telah nyinyir dalam memperjuangkan jalan Kota Sawahlunto, yang menurutnya bila pulang kampung dan melewatinya harus hati-hati.

“Saya sudah pernah membawa Kadis PUPR Provinsi Sumbar untuk melihat langsung kondisi ruas jalan utama Kota Sawahlunto yang rusak parah, termasuk jalan yang saat ini berlobang di bawah kantor KUA Barangin. Sebagai perwakilan dari Sawahlunto sudah mengusulkan anggaran sebesar Rp15 miliar untuk melakukan perbaikan se­panjang jalan utama Kota Sawahlunto yang menjadi tanggung jawab Propinsi dan akan dilaksanakan untuk tahun 2022. Pengusulan ini sudah masuk Banggar dan kita akan kawal prosesnya agar ta­hun depan jalan utama Kota Sawahlunto ini direhab secara total,” ujar Tarjok.

Dia juga menyebutkan dalam Minggu depan Komisi IV direncanakan akan turun ke lapangan yaitu ke Kota Sawahlunto untuk melihat kondisi jalan yang banyak rusak.

Kepala Bidang Bina Mar­ga Sawahlunto Maizir  mengatakan, jalan yang berlobang akibat ada po­longan air baja yang bo­long sehingga tidak mung­kin disambung. ” Tindakan dalam waktu seminggu ini lobang tersebut akan di cor beton agar tidak mem­bahayakan pengendara,” kata Maizir, saat dihubungi via telepon seluler.

Camat Barangin Subandi Arpan saat dikonfirmasi terkait jalan ini mengatakan, jalan di wilayah ini sudah mengalami kerusakan sejak lama tahunan. Menurut laporan warga jalan ini rusak akibat saluran air yang tersumbat atau tebing-tebing di pinggiran jalan longsor ketika hujan lebat dan menutupi jalan air.

“Itu penyebab utam kerusakan jalan. Sebagai Camat saya sudah berulang kali melaporkan ke Pemko dan Dinas PUPR Sawahlunto, namun karena wewenang jalan ini di Propinsi maka kita butuhkan suara-suara dari wakil rakyat asal Sawahlunto untuk segera mendesak Dinas PUPR Sumbar untuk memperbaiki jalan provinsi ini,” tutur Arpan.

Dikatakan, jalan yang berlubang di bawah kantor KUA Barangin ini memang membahayakan bagi pengendara roda empat dan roda dua, saya berharap akan segera diperbaiki Dinas PUPR Provinsi, sepanjang jalan utama Kota Sawahlunto. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top