Close

Komplotan Spesialis Pencuri Besi Ditangkap di Kota Pa­dang, 2 lagi Buron

PENCURI BESI— Dua dari empat pelaku sepesialis pencuri besi ditangkap Tim Klewang Satreskrim Polresta Padang.

PADANG, METRO–Tim Klewang Sat­res­krim Polresta Pa­dang meringkus dua orang komplotan pen­­curi besi yang men­jalankan aksinya di toko besi bekas UD Wiya Jalan By Pass KM 18, Kelurahan Ikua Koto, Kecamatan Koto Ta­ngah pada 25 September 2021 lalu.

Kedua pelaku bernama Muhammad Randi (33) wa­rga Air Dingin, Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, dan Ibnu Aditya (26) warga Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah ditangkap di kediamannya masing-masing, Rabu (13/10). Sedangkan dua rekannya masih terus diburu dan sudah ditetapkan dalam daftar pencarian orang (DPO).

Ikhwal penangkapan ini dibenarkan oleh Kasatres­krim Polresta Padang Kompol Rico Fernanda. Dikatakannya, dua pelaku  ditangkap karena diduga telah melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan di toko besi bekas UD Wiya. Aksi pencurian ini diketahui ketika pelapor membuka toko jual beli besi bekas miliknya dan merasa curiga terhadap barang dagangannya yang terasa ber­ku­rang.

“Kemudian pelapor me­meriksa kekurangan ter­sebut dan ditemukan berupa besi ulir sebanyak 13 batang, besi plat sebanyak dua potong  dan besi leter U sebanyak enam batang sudah tidak ada lagi pada tempatnya semula. Atas kejadian tersebut pelapor telah dirugikan sekitar Rp 6 juta dan  melaporkan ke Polresta Padang,” imbuhnya.

Berdasarkan laporan dari korban lanjut Rico, tim Klewang melakukan pe­nyelidikan dan didapat informasi dari masyarakat bahwa di tempat penjualan barang barang bekas di Jalan Koto Tuo, Kelurahan Ikua Koto, Kecamatan Koto Tangah milik seorang berinisial M, ada beberapa batang besi ulir yang diduga merupakan besi yang sa­ma dengan milik pelapor.

“Tim Klewang menemui M dan menanyakan asal usul besi ulir tersebut. M mengakui bahwa telah membeli besi ulir sebanyak 13 batang dari tiga orang laki-laki yang tidak dikenalnya senilai Rp 500 ribu serta dua potong besi plat senilai Rp 500 ribu. Selanjutnya terhadap M diminta untuk ikut ke Polresta Padang beserta dengan besi besi tersebut untuk dimintai keterangan lebih lanjut,”sebut Rico.

Setelah memperoleh informasi dari M tentang ciri-ciri dari ke ketiga orang laki laki tersebut, selanjutnya tim Klewang melakukan penangkapan terha­dap Randi di Air Dingin Lubuk Minturun. Saat itu Randi mengakui perbuatannya yang telah melakukan pencurian terhadap besi-besi tersebut bersama dengan tiga orang temannya bernama Ibnu dan dua orang yang DPO berinisial R dan Z.

“Selanjutnya tim Klewang berhasil melakukan penangkapan terhadap Ib­nu di Lubuk Minturun, sedangkan dua orang teman lainnya masih dalam pen­carian,” tutur Rico. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top