Menu

Komplotan Pembobol Mesin ATM BRI Ditangkap, Uang Puluhan Juta Disita

  Dibaca : 400 kali
Komplotan Pembobol Mesin ATM BRI Ditangkap, Uang Puluhan Juta Disita
PEMBOBOL ATM— Pelaku Prabu Siliwangi (24) yang membobol mesin ATM milik BRI ditangkap Tim Macan Kumbang Polres Pessel di Pekanbaru.

PESSEL, METRO
Sebulan lebih melakukan penyelidikan, kasus pembobolan anjungan tunai mandiri (ATM) di gerai BRI cabang Painan yang mengakibatkan uang puluhan juta di dalam mesin tersebut raib, akhirnya terungkap. Tim Macan Kumbang Satreskrim Polres Pesisir Selatan menangkap dua orang pelaku di lokasi berbeda, Senin (15/9).

Penangkapan pertama dilakukan terhadap otak dari pembobolan ATM bernama Prabu Siliwangi (24) warga Bungo Pasang III Salido, Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pessel. Pelaku ditangkap di tempat persembunyiannya di Jalan Lobak Delima, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Dari penangkapan itu, petugas menemukan uang tunai Rp 27 juta sisa dari hasil pembobolan mesin ATM yang belum dibelanjakan. Selain itu, juga disita barang-barang yang dibeli pelaku dari hasil pembobolan ATM berupa satu set speaker merek Subwofer, satu unit handphone merk Oppo A92 dam pakaian pelaku.

Sementara, dari hasil interogasi, pelaku Prabu Siliwangi mengakui saat beraksi dibantu oleh rekannya berinisial AL (34) yang satu kampung dengannya. Mendapat informasi itu, petugas melakukan pengejaran terhadap pelaku AL dan berhasil ditangkap di daerah Tarandam, Kelurahan Sawahan, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang.

Kapolres Pessel AKBP Sri Wibowo melalui Kasat Reskrim Polres Pessel AKP Allan Budi mengatakan, pascaterjadinya aksi pembobolan ATM milik BRI di Painan, pihaknya langsung melakukan penyelidikan dengan memintai rekaman CCTV dan memeriksa saksi-saksi. Dari hasil penyelidikan itulah, terungkap otak pelakunya bernama Prabu Siliwangi.

“Ketika identitas pelaku sudah kita kantongi, pelaku ternyata sudah kabur dari luar Kabupaten Pessel. Kita terus berupaya melacak keberadaan pelaku hingga didapatkan informasi pelaku berada di Kota Pekanbaru. Kita kemudian bergerak ke Pekanbaru dan menangkap pelaku Prabu Siliwangi,” kata AKP Allan.

Ditambahkan AKP Allan menjelaskan, dari hasil pengembangan, pihaknya kemudian menangkap rekan dari Prabu Siliwangi berinisial AL di Kota Padang. Pelaku AL ini perannya membantu Prabu Siliwangi untuk membobol mesin ATM. Dalam aksinya itu, kedua pelaku berhasil mengeluarkan uang Rp 40 juta dari dalam mesin ATM.

“Dari penangkapan Prabu Siliwangi, kita menyita uang tunai Rp 27 juta dan barang-barang yang sudah dibeli menggunakan uang dari hasil pembobolan ATM. Kedua pelaku saat ini sudah kita amankan di Mapolres Pessel. Kita masih melakukan pengembangan untuk mengungkap adanya dugaan pelaku lain,” pungkas AKP Allan. (rio)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional