Menu

Komplotan Begal “Bagak” Beraksi Sore Hari Ditangkap

  Dibaca : 547 kali
Komplotan Begal “Bagak” Beraksi Sore Hari Ditangkap
BEGAL DITANGKAP— Pelaku GPP (16) yang membegal pemotor di Pantai Air Manis ditangkap Tim Klewang Polresta Padang. Sementara rekan-rekannya masih terus diburu.

PADANG, METRO
Komplotan begal sepeda motor tak lagi mengenal takut. Bahkan, komplotan yang jumlahnya belasan orang itu dengan gagah dan beraninya melakukan aksi begal pada sore hari di dekat Simpang 4 Pantai Air Manis, Kecamatan Padang Selatan, Rabu (18/11) sekitar pukul 17.30 WIB.

Untuk menakuti korbannya, mereka menggunakan pisau sangkur yang diarahkan kepada korban. Jika melawan, begal sadis itu tak segan-segan melukai korbannya. Parahnya, klomplotan begal itu ternyata masih remaja yang memang kerap melakukan tawuran di beberapa lokasi di Kota Padang.

Tak butuh waktu lama setelah kejadian begal di dekat Simpang 4 Pantai Air Manis, Tim Klewang Polresta Padang yang mendapat laporan dari korban, berhasil menangkap salah satu pelakunya berinisial GPP (16) saat mengendarai sepeda motor di daerah Ujung Tanah, Kecamatan Lubuk Begalung, sekitar pukul 21.00 WIB.

Ketika ditangkap, pelaku GPP tak bisa lagi mengelak. Pasalnya, sepeda motor yang dikendarainya itu merupakan sepeda motor milik korbannya yang baru saja dibegal di Simpang 4 Pantai Air Manis bersama komplotannya. Setelah itu, pelaku dibawa ke Polresta Padang, sedangkan rekannya-rekannya masih terus diburu.

Polresta Padang Kompol Rico Fernanda mengatakan, pelaku GPP yang berstatus putus sekolah ini merupakan satu dari 15 orang yang terlibat aksi pencurian dengan kekerasan alias begal terhadap seorang pengendara sepeda motor di kawasan Pantai Air Manis.

“Pelaku warga Tarantang, Kecamatan Lubukkilangan kita tangkap saat membawa sepeda motor hasil begalnya. Berdasarkan keterangan saksi-saksi, pelaku bersama teman-temannya lebih kurang 15 orang dengan mengendarai sepeda motor. Mereka memepet sepeda motor korban dan kemudian mengancam korban atau pengendara yang lewat di jalan tersebut dengan menggunakan pisau sangkur,’ kata Kompol Rico, Kamis (19/11).

Ditambahkan Kompol Rico, karena korban merasa terancam dan berusaha menyemalatkan diri, korban menghentikan laju sepeda motornya. Setelah itu korban meninggalkan sepeda motor lalu berlari menyelamatkan diri. Saat kondisi seperti itu, pelaku bersama temannya langsung membawa kabur sepeda motor korban.

“Usai mengalami peristiwa pembegalan, korban melapor ke Polresta Padang dengan laporan polisi nomor LP/617/B/XI/2020/SPKT UNIT III. Sementara sepeda motor yang dicuri dipergunakan pelaku untuk bepergian. Anggota yang melakukan penyelidikan, mendapat informasi kalau pelaku berada di kawasan Lubuk Begalung,” sebut Kompol Rico.

Dijelaskan Kompol Rico, pihaknaya kemudian melakukan pencarian terhadap pelaku dan berhasil menemukan pelaku sedang menyendarai sepeda motor Yamaha Mio M3 tahun 2019 warna biru yang merupakan motor milik korban di daerah Ujung Tanah, Kecamatan Lubuk Begalung.

“Dari hasil pemeriksaan terhadap pelaku, aktor utama aksi pembegalan ini berjumlah empat orang. Meski terdapat 15 orang remaja yang ikut dalam rombongan ketika pembegalan terjadi. Untuk itu, kami masih memburu tiga pelaku lainnya yang terlihat dalam kasus ini. Aksi mereka memang terbilang berani, karena melakukannya pada sore hari, sedangkan lokasi itu ramai,” ujar Kompol Rico.

Kompol Rico mengungkapkan, para pelaku disinyalir merupakan para remaja yang sering melakukan aksi tawuran. Tindakan pencurian dengan kekerasan yang dilakukan pelaku ini sangat meresahkan masyarakat. Apalagi, mereka juga menggunakan senjata tajam dan dapat mencelakai orang lain.

“Mereka ini memang para remaja yang sering melakukan aksi tawuran. Pada saat kejadian itu memang rame mereka, tapi yang berperan sekali hanya empat orang. Pastinya, kita akan terus memburu rekan-rekan pelaku yang terlibat dalam pembegalan tersebut,” tutup Kompol Rico. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional