Menu

Kompetensi Guru TK/PAUD harus Ditingkatkan di Kabu­paten Limapuluh Kota

  Dibaca : 68 kali
Kompetensi Guru TK/PAUD harus Ditingkatkan di Kabu­paten Limapuluh Kota
SAMBUTAN—Kadisdik Indrawati saat memberikan sambutan dalam kegiatan Bimbingan Teknis LBB.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Sedikitnya, 54 orang guru Taman kanak-kanak (TK) dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se Kecamatan Luak, Kabu­paten Limapuluh Kota me­ngikuti Bimbingan Teknis  Lingkungan Belajar Ber­kualitas (Bimtek LBB) ber­tempat di ruang Balai Adat Nagari Sungai Kamuyang, Kecamatan Luak, Sabtu (11/9).

Bimtek LBB yang digelar oleh Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD Kecamatan Luak yang dipim­pin Reflita Idrus itu, dihadiri langsung Kepala Dinas Pendidikan dan Kebuda­yaan Kabupaten Limapuluh Kota, Indrawati Munir, Kasi PAUD dan PNF, Dedi Hendri, serta Pengawas TK Kecamatan Luak, Rahmadani dan Pengawas Penilik Kelompok Bermain (KB) Kecamatan Luak.

Sebelum membuka se­cara resmi kegiatan Bimtek LBB yang digelar sehari penuh tersebut, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Indrawati Munir, dalam arahannya me­ngatakan bahwa, sesuai dengan tema bimtek yakni Lingkungan Belajar Ber­kualitas, itu artinya guru TK/PAUD yang ada di Kecamatan Luak dituntut untuk meningkatkan kompetensinya.

“Bimtek tentang Ling­kungan Belajar Berkualitas ini bertujuan untuk me­ningkatkan pengetahuan tenaga pendidik TK/PAUD agar mampu berinovasi dan mendidik anak-anak menjadi kretif dan ber­kualitas,” ungkap Kadis Indrawati Munir.

Dinyatakan Kadis Indrawati Munir, yang dimaksud dengan TK/PAUD yang berkualitas, bukan hanya dilihat dari bangu­nan sekolahnya yang bagus dan mewah, akan tetapi dapat dilihat dari ling­kungan dan interaksi an­tara anak didik dengan tenaga pendidik dan ling­kunganya.

“Maksud dan tujuan pengelolaan belajar ber­kualitas adalah dapat men­ciptakan anak-anak didik yang cerdas dan dapat berinteraksi di ling­kungan dengan baik. Ling­kungan belajar itu bukan hanya dilihat dari fisik dan non fisik. Artinya, bagaimana sikap, bagaimana se­nyum dan bagaimana bicaranya guru TK/PAUD, juga menjadi hal yang utama bagi  tenaga pendi­dik.” ulas Kadis Indrawati Munir.

Kadisdik juga menekankan, disamping kompetensi akademis, kompetensi karakter juga perlu ditingkatkan yang kita kenal dengan kompetensi pedagogik dalam pembelajaran.

Sementara itu Pengawas TK Kecamatan Luak, Rahmadani mengharapkan, dengan adanya ke­giatan bimtek Lingkungan Belajar Berkualitas ini a­kan meningkat kompetensi dan kualitas guru TK dan guru KB di Kecamatan Luak.

“ Dengan adanya bim­tek Lingkungan Belajar Berkualitas ini akan ba­nyak pembahasan, antara lain bagaimana mengelola sekolah dan bagaimana mengelola PBM di kelas dan apa-apa alat peraga dan media-media yang dipergunakan, terutama media-media yang ada di lingkungan,” pungkas Rah­madani.

Bimtek Lingkungan Belajar Berkualitas yang digelar PKG PAUD Kecamatan Luak tersebut, juga menghadirkan sebagai nara sumber Mailanova, dan Leniseswita. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional