Menu

Kompak Bagi-bagi Masker ke Anak Sekolah

  Dibaca : 1445 kali
Kompak Bagi-bagi Masker ke Anak Sekolah
Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Pasaman Barat (Pasbar) mendistribusikan 10 ekor sapi kurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat dari tanggal 20 sampai tanggal 23 Juli 2021.
Kompak bagi-bagi masker -istimewa web

Pengurus Kompak membagikan masker kepada anak sekolah di depan kantor Pos Padang, Jumat (02/10/2015).

AZIZCHAN, METRO–Akibat semakin tebalnya kabut asap di Kota Padang beberapa hari ke belakang, Jumat (2/10) pagi, ormas Kompak (Komunitas Masyarakat Padang Kota Tercinta) membagi-bagikan 3.000 masker di simpang lampu merah dekat kantor Pos, Jl. Bagindo Aziz Chan. Puluhan pengurus Kompak turun ke jalan membagi-bagikan masker ke pengendara sepeda motor.

Ketua Umum Kompak Lincoln Alex Dt. Rajo Sulaiman, kegiatan ini diadakan untuk mengingatkan warga Padang akan bahaya kabut asap, khususnya pada anak-anak yang rentan sekali terkena ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas). Dalam kondisi seperti sekarang, pemakaian masker bagi yang beraktivitas di luar ruangan sangat penting sekali.

“Melalui saweran di antara sesama pengurus dan anggota untuk membeli masker, kami dari Kompak ingin memberikan sedikit kontribusi di dalam penanggulangan bahaya kabut asap yang sekarang sudah merambah Padang. Mudah-mudahan apa yang telah kami lakukan ini bisa memicu elemen lainnya untuk berbuat hal sama,” ujarnya.

Sementara, Wakil Ketua Kompak Sandy Sitia menjelaskan, di samping pengendara sepeda motor, sasaran utama pembagian masker ini adalah anak-anak sekolah. ”Kami membagikan masker ke sekolah-sekolah untuk melindungi anak-anak kita dari bahaya ISPA. Kasihan kita kepada anak-anak yang berkegiatan di luar ruangan,” katanya.

Ia berharap persoalan kabut asap ini dapat ditanggulangi dengan cepat oleh pemerintah. Puluhan ribu anak-anak akan terkena dampak berkepanjangan kalau ini tidak dituntaskan segera, termasuk dampaknya pada kegiatan-kegiatan di sekolah.

Salah satu sekolah yang dibagikan masker oleh Kompak adalah SD Kartika 1-12 yang terletak di dekat lapangan Imam Bonjol Padang. Dituturkan kepala sekolahnya, Mursita, kegiatan PBM (Proses Belajar Mengajar) di dalam kelas masih aman, tetapi beberapa kegiatan yang di luar ruangan seperti upacara bendera, senam pagi, kultum dan kegiatan kepramukaan dihentikan sementara. ”Mudah-mudahan kabut asap ini bisa ditanggulangi dengan cepat, dan anak-anak bisa beraktifitas seperti sediakala,” harapnya.

Kompak merupakan organisasi sosisal kemasyarakatan yang lahir pada tahun 2006, dan merupakan wadah bagi masyarakat Padang untuk memberikan kontribusi, baik tenaga maupun pikiran untuk pembangunan Kota Padang. Di antara pengurus Kompak yang ikut membagikan-bagikan masker tampak Sekjend Isa Kurniawan, Hasbi, Ali Hanafiah, Ikhsan Santana, Edi Zambros, Susanti Sembiring dan lainnya. (o)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional