Menu

Komoditi Cokelat Solok Terima Penghargaan di Perancis

  Dibaca : 91 kali
Komoditi Cokelat Solok Terima Penghargaan di Perancis
Afdhal Aliasar Pemegang Merek Minang Kakao

SOLOK, METRO–Selama ini Indonesia hanya dikenal sebagai peng­hasil biji kakao. Tapi seka­rang,  cokelat olahan Indonesia ternyata juga sukses bersaing di ajang inter­nasional. Terutama di bela­han dunia biru Eropa.

Cokelat Minang yang mengandung 100 persen biji kakao asal Solok telah berhasil mendapatkan peng­hargaan pada Perlombaan Cokelat Internasional yang diselenggarakan AVPA, Juni 2021 di Kota Paris, Perancis.

Dari 140 produk yang berasal dari 40 negara, Minang Kakao yang di­produksi PT Pengelola Aset Islami Indonesia (PAII) mendapatkan, peng­har­gaan predikat perak untuk dark chocolatte dan milk chocolatte serta perunggu untuk milk chocolatte diper­kaya nibs.

Menurut Afdhal Alia­sar, pemilik merek Minang Kakao, prestasi ini me­nunjukkan mutu dari kakao Indonesia yang memiliki cita rasa khas. Mutu kakao juga didukung dengan pe­ngolahan yang tepat se­hingga menghasilkan pro­duk terbaik. “Taste biji ka­kao yang kami kembang­kan memang special. Al­hamdulillah disukai dan diakui oleh chocolatiers di Paris,” jelas Afdhal.

Dengan raw material biji kakao terbaik dan ter­jaga proses pasca panen­nya,  InsyaAllah bisa diolah men­jadi produk coklat ke­las dunia. “Tidak kalah kita dengan negara-negara Af­ri­ka dan Amerika Latin kua­litas kakao,” kata Af­dhal.

Afdhal melalui perusa­haannya mulai me­ngem­bangkan kakao sejak 4 ta­hun lalu dan mulai serius memproduksi coklat pada 2020. Saat ini pabrik pe­ngolahan terdapat di Ja­karta dan di Kabupaten Padangpariaman. Produk Minang Kakao bisa di­pe­roleh melalui platform be­lanja online. (*/vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional