Menu

Komjen Listyo Sigit jadi Calon Tunggal Kapolri, Akademisi dan Tokoh Agama di Padang Dukung Pilihan Presiden

  Dibaca : 514 kali
Komjen Listyo Sigit jadi Calon Tunggal Kapolri, Akademisi dan Tokoh Agama di Padang Dukung Pilihan Presiden
Buya Syafwan, Tokoh Agama

PADANG, METRO
Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof Ganefri mendukung keputusan Presiden Joko Widodo mengusulkan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Idham Aziz.

Menurut Prof Ganefri, diusulkannya Komjen Pol Listyo Sigit merupakan hak Presiden untuk memilih yang terbaik, dan dari segala aspek penilaian yang telah dipertimbangkan. Tentunya, pilihan Presiden harusnya dihormati sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan.

“Karena presiden mempunyai hak prerogatif dan segala pertimbangan dan kondisi ke depan. Bagaimanapun, presiden memiliki kekuasaan langsung yang diberikan oleh konstitusi untuk memutuskan calon pengganti Jenderal Polisi Idham Azis yang akan pensiun. Dan inilah kader pimpinan Polri terbaik dimasa kepemimpinan yang akan datang,” ucap Ganefri, Kamis (14/1).

Menurutnya, penunjukkan Komjen Pol Listyo Sigit menjadi Kapolri sudah dalam jalurnya dan sudah sesuai dengan aturan serta persyaratan. Pasalnya, Komjen Pol Listyo Sigit saat ini menjabat Kabareskrim yang merupakan juga pilihan dan sudah melalui seleksi.

“Saya kira dengan posisi sebagai Kabareskrim, itu juga sudah kader terbaik dari Polri yang dipercaya. Sehingga pak presiden sudah sangat pas menunjuknya. Kita semua harus yakin, siapapun nama calon Kapolri yang disodorkan Presiden ke DPR adalah putra terbaik Korps Bhayangkara,” ujar Rektor UNP tersebut.

Selaku perwakilan akademisi di Sumbar, Ganefri berharap Komjen Pol Listyo Sigit dapat melewati fit and proper test yang akan dilaksanakan oleh DPR RI dengan baik, sehingga Komjen Pol Listyo Sigit menjadi Kapolri yang diidam-idamkan masyarakat.

“Saya sangat mendukung siapa saja Kapolri yang ditunjuk oleh Presiden Jokowi. Sikap kita, memang harus memberikan dukungan sepenuhnya untuk Polri yang lebih baik lagi ke depannya,” pungkasnya.

Senada dengan Ganefri, salah satu tokoh agama di Kota Padang, Drs Safwan Dira juga menyambut baik positif dengan penunjukkan calon tunggal Kapolri oleh Jokowi.

“Perlu kita dukung, saya yakin dan percaya apa yang ditunjuk oleh bapak presiden itulah yang terbaik,” katanya.

Buya Safwan-sapaan akrabnya, menyebut bahwa penunjukkan calon Kapolri yang dilakukan oleh Presiden tentunya sudah dilakukan pantauan dan pengkajian untuk mencari yang terbaik dari yang baik, dan tentunya akan didukung. “Orang yang membantu kita, pastinya akan kita dukung dan bantu,” jelas Safwan.

Dirinya berharap, dengan calon Kapolri yang baru ini dapat selalu membantu dan menjaga situasi keamanan di negeri ini dalam keadaan aman dan kondusif di tengah-tengah masyarakat. “Mudah-mudahan apa yang menjadi cita-cita kita, juga menjadi cita-cita beliau,” pungkasnya. (rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional