Close

Komitmen Tingkatkan SDM Generasi Muda di Kota Paria­man, Kerja Sama dengan Bermacam Perguruan Tinggi

KERJA SAMA— Wako Genius Umar usai menerima kunjungan Poltekel dan melakukan kerja sama.

Laporan: Efanurza Kota Pariaman

 Pasangan Wali Ko­ta Pariaman H Genius Umar dan Wakilnya Mar­dison Mahyuddin berko­mitmen dalam mening­katkan Sumber Daya Ma­nusia (SDM) di lingkungan. Dengan demian SDM ge­ne­rasi muda Kota Paria­man siap pakai dan me­reka juga yang akan me­lan­jutkan tongkat estapet pembangunan Kota Paria­man yang lebih baik ke de­pannya.  Atas dasar itulah mereka menjalin kerja­sama dengan Politeknik Transportasi Darat (Pol­trada) Bali dalam pening­katan SDM tersebut. “Kita telah melakukan Memorandum of Understanding ( MoU) dengan Wakil Di­rektur I Poltrada Bali,” kata Walikota Pariaman H Genius Umar, kemarin

Makanya, ia mengun­jungi Politeknik Angkutan Darat yang ada di Bali, dimana lembaga ini meru­pakan sekolah Politelnik milik Kementrian Perhu­bungan RI, yang akan mendidik tenaga pro­fe­sional khusus untuk mela­yani angkutan darat

Lebih lanjut Genius Umar juga menuturkan dirinya datang berkunjung ke Poltrada Bali ini, didam­pingi Asisten I Setda Kota Pariaman, Yaminurizal dan Sekretaris Dinas Per­hu­bungan Kota Pariaman, Afwandi, dalam rangka menjajaki kerjasama  pe­lak­sanaan program Saga Saja  (Satu rumah satu sarjana), dan Alham­du­lillah langsung ditindak­lanjuti oleh Pol­trada Bali, dengan me­nekan MoU. “Pemko berupaya untuk me­ngembangkan kerja­sama kita dengan Politek­nik vo­kasi yang ada, salah satu­nya Poltrada Bali ini, se­hingga nantinya program unggulan kita di bidang pendidikan ini, betul-betul dapat terwujud untuk me­nuntaskan kemis­kinan yang ada di Kota Pariaman,” ujarnya.

“Tahun ini juga, kita akan mengirim langsung putra-putri Kota Pariaman untuk mengikuti pendi­dikan yang ada di Poltrada Bali ini, yang tentunya setelah mengikuti test yang ditetapkan oleh Se­kolah Kedinasan Kemen­hub, Poltrada Bali ini,” tutupnya.

Genius Umar langsung melanjutkan kerjasama dibidang pendidikan da­lam program Satu Keluar­ga Satu Sarjana (Saga­saja) dengan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Su­matera Barat.  “Karena itu kita menerima kunjungan Direktur Poltekpel Sumbar Muhammad Abduh untuk tindak lanjut kerja pening­katan SDM masyarakat Kota Pariaman,” ujar­nya.

“Hari ini kita me­neri­ma kunjungan Direk­tur Poltekpel Sumbar Mu­hammad Abduh. Kunju­ngan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang telah dijalin Pemko  ber­sama Pol­tekpel Sumbar dengan Direktur sebelum­nya. Al­ham­dulillah kerja­sama ini disambut baik dan akan berkelanjutan, “ ung­kap­nya.

Pemko men­jalankan program Sa­ga­saja sejak tahun 2018 . Sagasaja merupakan sa­lah satu program ung­gulan diba­wah kepe­mim­pinan Genius Umar dan Mardison Mahyuddin. Ini merupa­kan satu-satunya yang ada di Provinsi Su­matera Barat dengan tu­juan­nya untuk menye­kolahkan anak – anak Kota Pariaman yang berasal dari keluarga kurang mam­pu sehingga setelah tamat nanti mam­pu mendong­krok pere­ko­nomian keluar­ga. “Program ini akan semakin dikembangkan dengan menerima lebih banyak anak – anak Kota Pariaman sehingga nanti­nya bisa meningkatkan pendidikan dan mengen­taskan kemiskinan di Kota Pariaman. Untuk anak – anak Kota Pariaman, tetap terus belajar, jangan pa­tah semangat dan tingkat­kan kualitas,” ujarnya.

Sementara itu Di­rek­tur Poltekpel Sumbar Mu­hammad Abduh yang di­dampingi oleh Kepala Ba­gian Administrasi Keta­runaan dan Alumni Pol­tekpel Sumbar Dedi Kur­niadi,  usai melaksanakan kunjungan sangat menga­presiasi program ini dan akan mendukung sepe­nuh­nya. “Pada dasarnya MoU ini sudah berjalan dengan baik dan kita akan lanjutkan sehingga tujuan dilaksanakan kegiatan ini oleh Pemko Pariaman bisa berhasil dan sukses, “ ungkapnya.

Poltekpel Sumbar me­rupakan salah satu se­kolah yang beruntung ditunjuk Pemko Pariaman untuk menjalin kerjasama. Ada 2 (dua) program pada Poltekpel Sumbar yaitu program pembibitan dan program reguler. Pada kerjasama ini Pemko Pa­ria­man akan membiayai semester anak – anak Kota pariaman yang lulus Sa­gasaja.

“Untuk biaya semester akan dibayar oleh Pem­ko Pariaman. Sementara biaya makan, asrama dan seragam akan kami sub­sidi. Artinya baik program pembibitan ataupun re­guler untuk program sa­gasaja, anak – anak Kota Pariaman tidak menge­luarkan biaya atau gratis. Untuk itu jangan sampai lewatkan kesempatan ini, karena ini sangat ber­manfaat bagi anak Kota Pariaman,” ujarnya.

Sementara Walikota Pariaman Genius Umar juga menerima tawaran kerjasama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batu­sangkar dan menyambut baik tawaran tersebut.

Tawaran kerjasama disampaikan langsung o­leh Rektor IAIN Batu­sang­kar, Marjoni Imamora.

“Hari ini kita mene­rima kunjungan Rektor IAIN Batusangkar Marjoni Imamora. Kunjungannya bertujuan untuk menjalin kerjasama dibidang pen­didikan bersama Pemko Pariaman. Ini merupakan langkah baik sehingga Pemko Pariaman akan lebih perbanyak MoU de­ngan Politeknik dan Per­guruan Tinggi baik dalam maupun luar Provinsi Su­matera Barat, “ ungkap Walikota Pariaman Genius Umar.

Pemko Pariaman su­dah melakukan kerja­sa­ma dibagian pendidikan dalam program Satu Ke­luarga Satu Sarjana (Sa­gasaja) dengan beberapa Politeknik dan Perguruan Tinggi, antara lain Poli­teknik Negeri Padang.

Kemudian dengan, Ba­tam Tourism Polytechnic, Institut Teknologi Ban­dung, Institut Pertanian Bogor, Politeknik ATI Pa­dang, Politeknik Pelayaran Sumbar, Universitas Ne­geri Padang, Universitas Dharma Andalas, Institut Agama Islam Sumatera Barat Pariaman, Politeknik Kelautan dan Perikanan Pariaman, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sumatera Barat, Universitas Indonesia, Politeknik Tranportasi Darat. Bahkan pemko juga juga sudah melakukan MoU dengan Politeknik Transportasi Darat (Pol­trada) Bali. Artinya ber­tambah 1 lagi deretan yang bekerjasama de­ngan Pemko Pariaman. “Setelah pertemuan ini kita akan tindak lanjuti tawaran kerjasama de­ngan membuat MoU dan akan diresmikan sehingga akan menambah deretan perguruan tinggi yang melakukan MoU dengan Pemko Pariaman. Seperti apa kerjasamanya, akan kita bicarakan lagi dengan melibatkan OPD terkait, “ ujarnya.

Sementara itu Rektor IAIN Batusangkar Marjoni Imamora yang didam­pingi Wakil Rektor 1 (satu) Ridwal Trisoni dan Rektor 3 (tiga) Sirajul Munir usai melakukan kunjungan mem­benarkan pena­wa­ran kerjasama ini. “Kita baru saja melakukan pe­na­waran kerjasama de­ngan Pemko Pariaman. Alhamdulillah disambut baik oleh Walikota Paria­man Genius Umar,” ujar­nya.

Pada kesempatan ini kami menyampaikan visi dan misi dari IAIN Bat­u­sangkar untuk menjadi sebuah Perguruan Tinggi yang integratif dan ter­konektif dalam keilmuan, berkearifan lokal serta bereputasi global. Ker­jasama yang kita tawar­kan adalah pendidikan Strata 1 (S1) untuk anak – anak di Kota Pariaman dalam program Sagasaja dan Strata 2 (S2) bagi PNS di lingkungan Pemko Pa­riaman, “ ungkapnya.

IAIN Batusangkar su­dah mempunyai 34 program jurusan. 27 program diantaranya Strata 1 (S1), 1 program Diploma 3 (D3) dan 6 program Pasca Sar­jana. Untuk Pasca Sarjana sudah mengantongi ak­reditasi B. Dari 27 program S1, 7 diantaranya sudah terakreditasi A dan ter­masuk kedalam Per­gu­ruanTinggi kegamaan Islam terbanyak memiliki akreditasi A di Sumatera Barat.

“Kita berharap dengan terjalinnya kerjasama ini bisa memberi manfaat bagi IAIN Batusangkar dan Pemko Pariaman. Se­hingga ilmu yang didapat setelah belajar di IAIN Batusangkar, bisa di terap­k­an dan mengangkat pe­re­konomian keluarga nan­tinya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top