Menu

Komitmen Standar LPSE, Pemkab Solsel Raih Penghargaan

  Dibaca : 62 kali
Komitmen Standar LPSE, Pemkab Solsel Raih Penghargaan
TERIMA— Wabup Solsel H Abdul Rahman saat menerima sertifikat penghargaan dari Ketua LPSE Solsel, Jatmika Danang Setiawan. Terlihat Asisten Bidang Perekonomian Epli Rahmat, Kabag Pengadaan Barang dan Jasa, Martin Edi.

SOLSEL, METRO – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) Terima penghargaan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) award bidang komitmen penghargaan standar Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Wakil Bupati Solsel H Abdul Rahman, memberikan apreseasi atas penghargaan penerapan 17 standar LPSE yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Solsel.

“Dengan penghargaan ini, menjadikan LPSE Solsel yang berintegritas, profesional dan independen,”ujarnya didampingi Asisten II Bidang Perekonomian, Epli Rahmat, Senin (5/11) diruang kerja Wabup usai menerima piagam penghargaan ini.

Dikatakan, mari jadikan LPSE dan Unit Layanan Pengadaaan (ULP) sebagai pilar utama perubahan pengadaan barang dan jasa dengan menciptakan iklim atau suasana persaingan yang sehat bagi penyedia barang dan jasa.

“Dengan meraih penghargaan ini, tentunya diharapkan agar tercipta pelaksanaan pembangunan tepat mutu, tepat sasaran dan tepat anggaran untuk menuju masyarakat sejahtera,”ungkapnya.

Kabag Pengadaan Barang dan Jasa, Martin Edi di dampingi Ketua LPSE Jatmika Danang Setiawan, mengatakan, Penghargaan LPSE dari LKPP Award ini merupakan penghargaan untuk penerapan 17 standar LPSE.

Dimana penghargaan ini diserahkan oleh kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) pusat, Agus Prabowo di Bandung dan terima oleh Sekdakab melalui Kabag pengadaan Barang dan Jasa.

Dari 600 Kabupaten di Indonesia, ada 72 yang sudah tersandar. Dalam itu masuk Solsel (nomor urut 51). “Penghargaan ini diserahkan langsung oleh kepala LKPP di Bandung,”ujarnya. LKPP memberikan penghargaan National kepada Kabupaten Solsel dengan Kategori komitmen penghargaan standar LPSE.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala LKPP DR. Agus Prabowo didampingi Deputi LKPP Sarah Sadiqa yang diterima oleh Sekdakab Solsel diwakili Oleh Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Solsel berlangsung di Sasana Budaya Ganesha Bandung, Selasa (30/10/).

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal, Sekretaris Utama Kementerian, Sekda Pemerintah Provinsi Kabupaten/Kota, Pimpinan dan Personil Layanan Pengadaan Secara Elektronik, Perwakilan Ikatan Ahli Pengadaan Pengadaan Indonesia dan lainnya.

Penghargaan tersebut diraih atas dukungan penuh pemerintah Daerah Kabupaten terhadap layanan pengadaan untuk peningkatan kematangan kelembagaan Pengadaan Barang dan Jasa dan LPSE sesuai dengan Peraturan Presiden No. 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa.

Hal itu dinilai penting karena pengadaan barang dan jasa Pemerintah sangat berperan dalam pelaksanaan pembangunan Nasional dalam meningkatkan pelayanan publik.

Martin Edi mengatakan keberhasilan Solsel meraih Award ini berkat Dukungan seluruh Elemen yang ada di Solsel.

“ Terimakasih atas dukungan seluruh Elemen yang ada di Solsel sehingga kita mendapatkan award ini.”tuturnya.

Ketua LPSE Solsel, Jatmika Danang Setiawan menambahkan bahwa terjaminnya keamanan sitem pelayanan menjadi salah satu poin penilaian dari 17 standarisasi LPSE.

LPSE pada Pemkab Solsel sendiri sudah dilengkap dengan infrastruktur atau sarana dan prasarana yang memadai, khususnya terkait pengamanan server.

“Pengadaan ruang server yang jauh dari akses publik, keberadaan CCTV di ruangan server dan akses masuk menuju ruang server yang menerapkan security lock yang berbasis finger print,”terangnya.

Jatmika merinci salah satu standar layanan yang ada Standar-standar lainnya menurut Jatmika diantaranya, Standar kebijakan layanan, standar pengelolaan layanan help desk, standar pengelolaan keamanan perangkat, standar pengelolaan kepatuhan, standar penilaian internal, serta standar-standar lainnya. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional