Menu

Komit Lakukan Konservasi Lingkungan, Riza Falepi: Diapresiasi Menteri PUPR dan BWSS V Padang

  Dibaca : 156 kali
Komit Lakukan Konservasi Lingkungan, Riza Falepi: Diapresiasi Menteri PUPR dan BWSS V Padang
Wako Payakumbuh Riza Falepi bersama Forkopimda melepas bibit ikan ke di Embung Dareh Bulakan.

WALI Kota Payakumbuh H Riza Falepi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) V Padang melaksanakan penanaman pohon di Embung Dareh Bulakan, Kelurahan Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh, Sabtu (5/12).

Penanaman serentak yang dibuka Menteri PUPR secara virtual dan berpusat di Bendungan Gondang, Karanganyar Jawa Tengah itu digelar dalam Aksi Nyata Penyelamatan Hutan, Tanah, dan Air yang menjadi tema Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GNKPA) dan hari Bakti PU ke-75, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan aksi penanaman pohon secara serentak di 34 provinsi di Indonesia.

Selain itu, juga dilakukan pelepasan ribuan bibit ikan ke Embung Dareh Bulakan, Wako Riza Falepi bersama Kepala BWSS V Dian Kamila, Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry S Lahe, Kapolres AKBP Alex Prawira, Sekretaris Daerah Rida Ananda, serta Kadis PUPR Muslim dan jajaran.

Wali Kota Riza Falepi yang sering menginisiasi melakukan penanaman di lingkungan kota yang dipimpinnya itu mengucapkan selamat Hari Bhakti PUPR Ke-75 dan menyampaikan apresiasi kepada Kementerian PUPR yang telah memberikan dukungan dalam pembangunan infrastruktur di Payakumbuh. Contohnya saja, Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Agam dan Embung Dareh Bulakan.

“Dua infrastruktur besar itu akan berdampak kepada perekonomian Payakumbuh. Kita juga sering melakukan penanaman pohon di kawasan DAS Batang Agam supaya nanti kawasan itu asri dan nyaman dikunjungi,” kata Riza.

Bahkan, Wali Kota Riza Falepi mendapatkan kesempatan berkomunikasi langsung dengan Menteri PUPR lewat aplikasi zoom didampingi Kepala BWSS V Dian Kamila. Disampaikan Wako Riza Rasa apresiasi kepada Kementerian PUPR, dimana Embung Dareh Bulakan yang dibangun betul-betul bermanfaat karena bisa mengairi ratusan petak sawah warga. “Bagus sekali Pak Wali Kota, kalau ada potensi embung lain, nanti kita bangun lagi,” jawab Mochamad Basoeki Hadimoeljono kepada Wako Riza Falepi.

Kepala BWSS V Padang, Dian Kamila mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi Wali Kota Riza Falepi yang konsen dengan konservasi lingkungan, sering menginisasi penanaman infrastruktur di Payakumbuh. “Bahkan pak menteri juga menyampaikan terimakasih. Kami siap membantu anggaran untuk membangun di Payakumbuh, asalkan lahannya sudah dibebaskan,” ujar Kamila.

Kota Riza yakin, bila perkembangan Kota Payakumbuh semakin cepat, bisa jadi kekurangan air dapat terjadi suatu saat nanti, dan keberadaan Embung Dareh Bulakan yang memiliki mata air alami ini bisa menjadi salah satu cadangan air buat mengatasi itu. “Kita berencana membuat water treatment processing sederhana, karena ada mata airnya itu,” kata Riza.

Wali kota dua periode itu juga menyebut Payakumbuh banyak potensi dibuatkan embung, Riza berjuang mencarikan lahannya, hingga nanti tidak ada pekerjaan pembangunan yang aneh-aneh. ”Kita ingin agar embung juga dijadikan destinasi wisata, sekarang perencanaannya sudah selesai, tinggal dukungan dari BWSS V untuk pendanaan saja. Karena memang menjadikan pusat Kota Payakumbuh di sekitar DAS Batang Agam memiliki potensi besar, terintegrasi dengan Ngalau Indah yang merupakan City on The Hillnya,” ujar Riza. (*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional