Menu

Komit Jalankan Tiga Fungsi Dewan, Dewan Baru Jangan Kecewakan Rakyat

  Dibaca : 80 kali
Komit Jalankan Tiga Fungsi Dewan, Dewan Baru Jangan Kecewakan Rakyat
Ilustrasi

PADANG, METRO – Mengingat 45 anggota DPRD Kota Padang yang baru dilantik hari ini, Rabu (14/8), Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, M Taufik mengingatkan agar anggota dewan yang baru dilantik nantinya jangan sampai mengecewakan masyarakat.

Taufik juga mengatakan keberadaan anggota dewan yang terpilih saat ini merupakan cerminan masyarakat dari dapilnya. Karena itu mereka harus mempertanggungjawabkan tugas dan fungsinya di hadapan masyarakatnya.

Menurut Taufik, pengalaman selama ini, masih banyak ditemukan kekecewaan masyarakat terhadap anggota dewan yang dinilai belum menjalankan sepenunnya tupoksinya sebagai anggota dewan. Terutama dalam persoalan legislasi (hukum) dan butgeting (anggaran).

“ Masyarakat banyak menilai fungsi legislasi dan butgeting anggota dewan itu belum berpihak kepada masyarakat bawah. Akan tetapu banyak berpihak pada kepentingan pribadi, golongan, pengusaha dan penguasa,” ungkapnya.

Menurutnya, prodak hukum yang dihasilkan anggota dean selama mesti harus dipertanyakan. Sudah berapa banyaknya prodak hukum yang dihasilkan dari Perda inisiatif anggopta dewan yang benar-benar pro rakyat.

“Kalu ini belum terjawab, menurutnya mereka yang terpilih selama ini belum layak disebut sebagi wakil rakyat,” ungkapnya.

Seharusnya, anggota dewan jangan hanya menunggu ranperda diajukan dari pemerintah, yang lebih banyak berkaitan dengan retribusi atau Perda yang memudahkan para pengusaha. Akan tetapi anggota dewan harus mengimbanginya dengan membuat Perda inisiatif yang benar benar berpihak pada masyarakat.

Kemudian untuk fungsi butgeting, penganggaran yang dilakukan oleh anggota dewan selama ini apakah sudah susuai dengan kebutuhan masyarakat yang sebenarnya? Baik itu dari segi sosial, pendidikan dan lainnya.

Karena itu, Taufik menyarankan agar peningkatan kapasitas anggota dewan terus dilakukan. Sebab anggota dewan yang duduk di kursi parlemen itu berasal dari latar belakang dan tingkat pendidikan.

Peningkatan kapasitas anggota dewan sangat mendukung dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi anggota dewan itu

Taufik juga mengingatkan agar anggota DPRD Kota Padang baru agar lebih berhati-hati. Jangan sampai anggota DPRD Kota Padang menjadi rekor penangkapan KPK. Banyaknya jumlah anggota dewan selama ini yang masuk dalam jeruji besi karena terlibat kasus korupsi, seharusnya menjadi pelajaran.

“ Kitainginkan Padang menjadi etalese tidak hanya sekedar dari soal pembangunan saja, akan tetapi dari anggota legislatifnya. Persoalan kebijakan, tidak hanya dilihat sejauh mana dia membuatnya, akan tetapi dari prilaku mereka. Sebab keberadaan mereka juga merupakan cerminan moralitas masyarakat karena terpilih menjadi wakil rakyat,” terangnya.

Untuk itu, Taufik berharap anggota dewan yang baru, mampu mengedepankan mana kepentingan dari kepentingan partainya sendiri. Yang paling penting, anggota dewan harus mampu memberikan warna di parlemen.

Mereka yang terpilih harus mampu membangkitkan optimisme masyarakat bahwa mereka akan bekerja maksimal untuk memperjuangkan hak-hak masyarakat sebagaimana mereka janjikan saat kampanye. (hsb)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional