Menu

Komisioner dan Staf KPU Dites Swab dan Rapid Test

  Dibaca : 305 kali
Komisioner dan Staf KPU Dites Swab dan Rapid Test
TES SWAB— Salah seorang dari lima komisioner KPU Kabupaten Mentawai menjalani tes swab dan rapid test untuk melaksanakan tahapan Pilkada Serentak Desember 2020 mendatang.

MENTAWAI, METRO
Untuk menyukseskan pelaksanaan  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, 9 Desember 2020 mendatang di masa New Normal,  Komisioner KPUD Mentawai beserta  jajaran melakukan rapid test dan Swab PCR di aula Kantor Dinas Perhubungan Mentawai, Senin (6/7).

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Kabupaten Mentawai Lahmuddin Siregar menerangkan,  komisioner KPU Mentawai melakukan pemeriksaan test awab PCR dan rapid test untuk menerapkan protokol kesehatan di era new normal dalam pelaksanaan tahapan tahapan Pilkada 2020.  “Pelaksanaan test Swab PCR dan Rapid test  dilakukan agar memastikan Komisioner KPU dan jajaran tidak terjangkit atau tidak terpapar  Covid-19,” sebut Jubir Penanganan Covid- 19 Lahmuddin.

 Dikatakan Lahmuddin,  ini dilakukan untuk upaya menjaga diri atau melindungi orang lain, Sementara untuk melakukan rapid test maupun Swab PCR untuk penyelenggara Pilkada di kecamatan sudah boleh  dilakukan  seperti di Puskesmas Sikakap, Siberut, Muara Sikabaluan, Mappadegat, Sioban dan RSUD Mentawai.

 “Tim kesehatan penanganan Covid-19 di RSUD Mentawai dan Puskesmas  sudah kita  tugaskan tenaga tenaga.medis yang sudah terlatih untuk pengambilan sampel Rapid test maupun sampel Swab PCR,” ujar Lahmuddin.

 Ketua KPU Mentawai Eki Butman mengtaakan, komisioner  KPU melakukan test Swab PCR sebanyak   24 orang ‘ terdiri dari 5 orang komisioner, 19 orang staff,  uji Swab ini kami lakukan sebagai ketaatan atau kepatutan kami sebagai penyelenggara dalam mengikuti tahapan-tahapan Pilgub tahun 2020.

 “Dimana tahapan Pilgub Sumatera Barat  mewajibkan kepada penyelenggara untuk mengikuti protokol kesehatan, salah satunya prokes tersebut adalah melakukan Rapid test atau Swab PCR,” ucap Eki Butman, Senin (6/7).

 Ia menambahkan, sekira satu minggu lagi akan mengadakan rapid test yang di fasilitasi Pemkab kepulauan Mentawai  sebanyak 260 untuk tenaga  Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP)  yang akan diturunkan  melaksanakan pemutakhiran data pemilih dimasing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS)  setiap desanya.

 Sementara, bagi penyelenggara Pilgub demi terwujudnya  Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar sesuai protokol kesehatan Era New Normal, bagi penyelenggara  belum melakukan rafid test  dan  Swab PCR tidak akan diturunkan kelapangan melaksanakan tahapan tahapan Pilgub 2020 atau di PAW sesuai surat Edaran KPU RI Nomor 20 tahun 2020. (s)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional