Close

Komisi IV Serap Aspirasi Masyarakat Nagari Lawang Mandahiling

Komisi IV DPRD Sumbar juga meninjau rehabilitasi jaringan Irigasi D.I Batang Selo di Kecamatan tanjung emas, Kenagarian Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar.

TANAH, DATAR–Komisi IV DPRD Pro­pinsi Sumatera Barat (Sumbar) melakukan kunjungan kerja ke Nagari Lawang Mandahiling, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar, Rabu (15/09) lalu.

Komisi IV menyerap aspirasi masyarakat Nagari Lawang Mandahiling terkait pembangunan keinginan wargari nagari ter­sebut dalam hal peme­rataan serta perbaikan sarana pembangunan baik jalan maupun irigasi untuk pertanian.

Dikesempatan itu, Komisi IV yang diketuai Anggota DPRD Sumbar Komisi IV  Muzli M Nur yang di­dam­pingi Desrio Putra  ( Fraksi Gerindra)P, Zulkenedi Saidi, Mesra ( Fraksi Gerindra)­

Artati ( Fraksi PAN) dan Suhardjono ( Fraksi De­mokrat) membuka ruang dialog dengan masyarakat di aula kantor Kerapatan Adat Nagari ( KAN)  Lawang Mandahiling, Kecamatan Salimpaung. Selanjutnya warga menyampaikan aspirasi.

Abu Bakar, salah seo­rang warga mengusulkan, jalan di nagari Lawang Mandahiling saat ini butuh perbaikan. “ Kami mohon jalan provinsi di nagari kami diperbaiki. Karena setiap hujan turun, air dari selokan akan meluap ke jalan sehingga mengakibatkan sejumlah titik jalan di nagari Lawang Salimpaung banyak yang rusak.” kata Abu Bakar.

Ia meminta anggota DPRD Sumbar yang datang dengan Dinas PUPR Sumbar untuk segera mencarikan solusinya. Warga yang lain, Ismail, juga mengusulkan sejumlah permintaan seperti pembangunan draina­se, jaringan irigasi, dan lain sebagainya.

Muzli M Nur selaku ketua tim rombongan Komisi IV mengatakan akan berupaya mengakomodir seluruh permintaqn dan harapan dari masyatakat Nagari Lawang Mandahiling.

“Untuk anggaran tahun 2021 maupun 2022 sudah ditutup. Maka dari itu diharapkan kepada ma­sya­rakat untuk bersabar pada anggaran 2023 dan segera menyampaikan usulan ter­sebut di Musrenbang di tingkat Kabupaten dan nan­ti kabupaten menyampaikan ke provinsi,” kata Muzli.

Menurut Muzli, keluhan dan harapan masyarakat ini bisa ditindaklanjuti oleh perangkat nagari dengan merangkum usulan itu secara resmi, dan mengawalnya hingga bisa menda­patkan bantuan dari peme­rintah provinsi. “Buat usulan secara resmi dan kawal terus,” kata Muzli.

Sementara,  Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Sumbar, Mesra, mengatakan, ada beberapa kawa­san di Tanah Datar yang belum terealisasi terkait perbaikan irigasi. Pada tahun 2021 ini, ada 7 titik irigasi yang diperbaiki oleh PSDA, dan memang untuk kawasan Lawang Mandahiling belum terkonfirmasi.

Kemudian untuk drainase jalan, Mesra mengu­sul­kan kepada masyarakat untuk bisa mendapatkan bantuan dengan jalur cepat dengan masuk ke program usulan prioritas di peme­rintahan kabupaten. Setelah dirangkum, berkasnya bisa disampaikan kepada OPD terkait.

Anggota Komisi IV DP­RD Sumbar, Desrio Putra dari fraksi Gerindra me­ngatakan, komisi IV DPRD Sumbar yang membidangi pembangunan akan selalu berupaya menyerap aspirasi masyarakat. Persoa­lan  sungai, akan disampaikan melalui Balai Sungai sebagai perpanjangan tang­an pusat dengan anggaran APBN.

Komisi IV juga meninjau rehabilitasi jaringan Irigasi D.I Batang Selo di Kecamatan tanjung emas, Kenagarian Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar.

Kasi perencanaan ja­ring­an pemanfaatan air Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi Provinsi Sumbar  Ibnu Rusydi Syarif menyebutkan, pengerjaan D.I Batang Selo  pengerjaan irigasi tersebut jangka waktu pelaksanaan pekerjaan 150 hari kalender.

“ Saat ini masih lima persen progres pekerjaan, membangun pemasangan membuat dinding penahan tebing agar saluran irigasi tidak jebol seluas areal irigasi, 1492 Ha.” katanya. (hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top