Menu

Komisi III Sosialisasikan Perda Koperasi

  Dibaca : 294 kali
Komisi III Sosialisasikan Perda Koperasi
Komisi III DPRD Sumbar melakukan kunjungan ke Kabupaten Sijunjung dan sekaligus mensosialisasikan Perda Koperasi.

PADANG, METRO
Komisi III DPRD Sumatera Barat Afrizal mengajak warga Kabupaten Sijunjung menghidupkan koperasi untuk meningkatkan perekonomian saat pandemi COVID-19.

Ketua Komisi III DPRD Sumbar Afrizal saat sosialisasi Perda Koperasi di Sijunjung mengatakan Kabupaten Sijunjung merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi koperasi berkembang dengan baik.

Ia mengatakan masyarakat Sijunjung sebagian besar merupakan petani, berladang dan pedagang dan jika dibandingkan dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) maka jumlah tiga profesi diatas lebih besar.

Selain itu di daerah ini tidak ada industri berat dan koperasi hendaknya menjadi alternatif menggenjot perekonomian masyarakat.

“Kita di Komisi III terus berupaya agar koperasi ini hidup di setiap nagari di Sumatera Barat dan meminta agar pokir anggota Komisi III untuk membuat program koperasi di masing-masing nagari di daerah itu,” kata dia.

Sementara itu Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mengatakan koperasi sebenarnya cukup berkembang di daerah itu namun hanya koperasi milik ASN. “Khusus untuk ASN cukup berjalan bagus mulai dari simpan pinjam dan keuangan berjalan baik. Kita tinggal menggenjot yang ada di masyarakat,” kata dia.

Menurut dia yang menjadi kendala koperasi berkembang di daerah itu adalah tidak adanya rapat anggota tahunan di setiap koperasi di daerah itu sehingga tidak berjalan.

“Badan usaha yang tidak ada RAT tentu tidak dalam kondisi baik dan ini yang coba kita hidupkan kembali,” kata dia.

Selain itu Pemkab Sijunjung menyediakan anggaran sebesar Rp2 miliar dalam bentuk modal bergulir yang diberikan kepada UMKM di daerah itu. “Dana ini tentu dapat dimanfaatkan oleh petani dan peternak dalam mengembangkan usaha mereka dan menghidupkan koperasi,” katanya.(hsb)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional