Menu

Komisi III DPRD Sumbar Sosialisasikan Perda No.16 Tahun 2019, Perkuat UMKM dan Koperasi di Masa Pandemi Covid-19

  Dibaca : 415 kali
Komisi III DPRD Sumbar Sosialisasikan Perda No.16 Tahun 2019, Perkuat UMKM dan Koperasi di Masa Pandemi Covid-19
Anggota Komisi III DPRD Sumbar kompak Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dan menyatakan siap bersama sama membantu Sijunjung dalam pembenahan infrastruktur.

Pascapenerapan pola new normal di Kabupaten Sijunjung sejumlah kegiatan pembangunan kembali dilanjutkan. Termasuk mendorong perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19 melalui UMKM dan pemberdayaan koperasi yang menjadi target dalam kunjungan kerja Komisi III DPRD Provinsi Sumbar ke Sijunjung.

Rombongan Komisi III DPRD Sumbar itu melakukan kunjungan kerja (Kunker), ke Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung pada Jumat (17/7) lalu. Kunjungan itu langsung dipimpin Ketua Komisi III DPRD Provinsi Sumbar, Afrizal.

Kegiatan digelar dalam sosialisasi Perda No.16 Tahun 2019, tentang pemberdayaan dan perlindungan koperasi dan usaha kecil menengah. Pemkab Sijunjung pun merespon positif kegiatan tersebut dan dihadiri langsung oleh Bupati Sijunjung Yuswir. “Komisi III DPRD siap membantu koperasi melalui kerjasama dengan Bank Nagari,” ucap Afrizal.

Dikatakannya, sosialisasi Perda tersebut untuk mendorong kegiatan perekonomian masyarakat melalui UKM. “Jadi para pelaku UKM dan Koperasi mengerti bahwa ada aturan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk melindungi dalam melakukan usaha yang mereka lakukan,” tutur Afrizal.

Afrizal juga mengatakan Kabupaten Sijunjung merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi koperasi berkembang dengan baik. Masyarakat Sijunjung sebagian besar merupakan petani, berladang dan pedagang. Jika dibandingkan dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) maka jumlah tiga profesi diatas lebih besar.

Selain itu, di daerah tersebut tidak ada industri berat dan koperasi hendaknya menjadi alternatif menggenjot perekonomian masyarakat. “Kita di Komisi III terus berupaya agar koperasi ini hidup di setiap nagari di Sumatera Barat dan meminta agar pokir anggota Komisi III untuk membuat program koperasi di masing-masing nagari di daerah itu,” jelas dia.

Dia jugua menyebutkan perlu dorongan untuk menggeliatkan ekonomi masyarakat melalui UKM dan Koperasi pada masa pandemi Covid-19 yang saat ini masih terjadi. Selain itu, pembangunan infrastruktur pun ikut jadi pembahasan bersama. DPRD Provinsi Sumbar menyatakan siap untuk membantu Sijunjung dalam pembenahan infrastruktur. Seperti mengucurkan anggaran pokir untuk pembangunan infrastruktur ke Sijunjung

Kegiatan pembangunan yang telah direncanakan sebelumnya sempat terganggu akibat Pandemi Covid-19. “Karena terjadi Covid-19 maka penanganan jalan dan infrastruktur lainnya dilaksanakan pada tahun 2021 mendatang,” jelas Komisi III DPRD Provinsi Sumbar itu.

Dalam kunjungan itu, komisi III DPRD Sumbar juga menyerahkan bantuan disinfektan untuk sejumlah nagari dan kecamatan yang ada.

Bupati Yuswir Arifin merespon positif atas kunjungan kerja DPRD Provinsi Sumbar ke Sijunjung, serta menyampaikan ungkapan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan.

Pada pertemuan itu, Bupati juga menyampaikan tentang berbagai kegiatan pembangunan dan upaya pemerintah daerah Kabupaten Sijunjung, mulai dari masalah Covid-19, pendidikan, kesehatan dan pembangunan lainnya di tengah masyarakat. (*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional