Menu

Komisi II DPRD Tinjau Pelabuhan di Masa PPKM Darurat, Pelindo II Teluk Bayur Diminta Perhatikan Nasib Buruh

  Dibaca : 151 kali
Komisi II DPRD Tinjau Pelabuhan di Masa PPKM Darurat, Pelindo II Teluk Bayur Diminta Perhatikan Nasib Buruh
FOTO BERSAMA— Komisi II DPRD Padang foto bersama dengan HSSE Pelindo II Cabang Teluk Bayur, Ruskiwan dan jajaran, saat kunjungan lapangan di masa PPKM Darurat di kawasan Pelabuhan Teluk Bayur, kemarin.

SAWAHAN, METRO–Komisi II DPRD Padang mendatangi PT Pelindo II Teluk Bayur. Kunjungan iu dalam rangka memper­tanyakan program dan kontribusi BUMN itu bagi masyarakat terkait pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang, Kamis (15/7).

Ketua Komisi II DPRD Padang, Yandri menyam­pai­kan, pihaknya meminta penjelasan dan program PT Pelindo II Teluk Bayur terutama dalam menghadapi pemberlakukan PPKM Darurat di Padang sejak beberapa hari lalu.

“Kita tahu adanya ke­ter­batasan kegiatan ma­sya­rakat, maka kita ber­harap perusahaan daerah dan Nasional di Kota Pa­dang memberikan kontri­busi kepada masyarakat,” ujarnya

Ia mengimbau dan men­­­­­dukung Pemko Pa­dang, agar mendorong PT Pelindo II Teluk Bayur mem­berikan dan Dana CSR kepada ma­sya­rakat.

“Kita dapat informasi, Pelindo II Teluk Bayur ada peluang, karena PPKM ini tidak terencana, maka kita minta Pelindo II mengu­sul­kan kembali bantuan ke Pe­lindo Pusat atau di Ke­men­terian BUMN,” ujar Yandri.

HSSE Pelindo II Cabang Teluk Bayur, Ruskiwan me­nga­takan, pihaknya mene­rima masukan dari Pelindo II Teluk Bayur, agar mem­berikan perhatian kepada Kota Padang dan khu­sus­nya warga Kota Padang ter­d­ampak PPKM darurat.

“Kita sudah men­sup­port kegiatan Vaksin Covid-19 kepada masyarakat ma­ri­tim di kawasan Pelindo II Teluk Bayur bekerjasama de­ngan Lantamal II Pa­dang, Dinkes Kota Padang dan pihak terkait lainnya,” ujar­nya

Sementara, Bagian Bina Lingkungan Iskandar Pe­lindo II Cabang Teluk Ba­yur mengatakan, Dana CSR­ justru Kementerian BUMN melalui Komisi VI anggota DPR RI Andre Rosiade dan Nevi Zuraina di­salurkan sebahagian da­na CSR Pe­lindo II tersedot di pusat.

“Kita saat juga mene­mu­kan kendala dalam se­ba­gian program besar ada sebagian tertunda. Setahu kita angka Rp6 miliar per orang anggota DPR RI,” ujar Iskandar

Ditambahkannya, program Pelindo II Teluk Bayur tertunda dalam penya­luran CSR, pihaknya terus berupaya menyalurkan dana CSR seperti dalam rangkaian Hari Raya Idul Adha tahun 2021.

“Kita sengaja salurkan CSR dalam bentuk 8 Ekor Sapi di Ring I Pelindo II Cabang Teluk Bayur ke­pada Masjid dan Mu­shala di Kota Padang disebar di 8 lokasi,” ujar Iskandar.

Anggota Komisi II DPRD ­Kota Padang Miswar Jambak mengatakan, seja­rah BUMN dibentuk untuk menjangkau masyarakat, maka perlu BUMN mem­berikan bantuan kepada masyarakat.

“Kita meminta harus ada pendapatan dari Pelin­do II Teluk Bayur, maka kita minta ada pemecahan Pajak Bumi dan Bangunan,” ujar Miswar Jambak.

Sekretaris Komisi II DPRD Boby Rustam, mem­pertanyakan apa kon­tri­busi Pelindo II Teluk Bayur untuk ma­sya­ra­kat Kota Padang saat ber­lakunya PPKM darurat.

“Kita minta janganlah PPKM darurat dijadikan politik oleh sebagian ok­num, karena ini merupakan pandemi semua mera­sa­kan kesulitan. Nah kita min­ta ada juga solusi ke­pada masya­rakat Kota Pa­dang dari Pelindo II Teluk Bayur

“Saya didatangi peda­gang kecil didenda Rp 500 ribu, sementara pen­dapa­tan tidak sampai Rp200 ribu, maka dengan apa dibayar denda, mengadu masyarakat kepada saya,” tambahnya.

Menurut Boby, Pelindo II Teluk Bayur diminta memberikan perhatian ke­pada buruh. Apakah buruh- buruh sudah divaksin, ka­rena buruh bersentuhan dengan orang asing. “Kita dapat informasi masih ku­rang dan tidak ada so­sialisasi kepada bu­ruh da­lam pelaksanaan vak­sin,” ujar Bo­by.

Wakil Ketua DPRD  Ilham Maulana menga­takan, pihaknya me­minta PT Pelindo II mela­kukan vaksinasi kepada seluruh masyarakat pela­bu­han. “Kita minta PT Pelindo II Cabang Teluk Bayur me­nerapkan prokes kepada se­luruh bu­ruh dan jika sopir membawa CPO tidak mela­kukan vaksin, maka sopir truk diganti oleh karyawan Pelindo II Teluk Bayur un­tuk dibawa ke dalam pe­labuhan,” ujar Ilham. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional