Menu

Komisi II DPRD Sumbar Sosialisasi Perda AKB di Dharmasraya, Lindungi Masyarakat dari Penyebaran Covid-19

  Dibaca : 227 kali
Komisi II DPRD Sumbar Sosialisasi Perda AKB di Dharmasraya, Lindungi Masyarakat dari Penyebaran Covid-19
Peserta Sosialiasi Perda Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 menyimak dengan serius.

Untuk terus memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan (Rokes) serta melindungi masyarakat dari penyebaran Covid-19, DPRD Provinsi Sumatera Barat terus gencar melakukan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Seperti yang dilakukan komisi II DPRD Sumbar. Usai Study Komparatif Strategi Pemerintah Provinsi Jambi terhadap recovery ekonomi bidang pertanian dalam arti luas terhadap ketersediaan pangan dan program padat karya selama Pandemi Covid 19, Komisi II DPRD Sumbar melaksanakan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 6 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, di Kabupaten Dharmasraya. Jum’at(16/10) bertempat di Auditorium kantor Bupati.

Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, H. Adlisman, S.Sos, M.Si dan turut dihadiri segenap unsur masyarakar, termasuk Forkopimda Kabupaten Dharmasraya. Dalam sambutannya, Adlisman berharap kegiatan ini dapat menjadi gambaran serta acuan dalam penerapan Perda AKB, sehingga dapat diterima dan dipatuhi masyarakat.

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Sumatera Barat Arkadius Datuak Intan Bano menegaskan, Perda nomor 6 tahun 2020 lahir untuk keselamatan masyarakat.

“Pada prinsipnya, Perda nomor 6 tahun 2020 tentang AKB, lahir sebagai upaya menyelamatkan masyarakat di tengah pandemi Covid-19,” tegas Arkadius.

Arkadius menerangkan, roh dari produk hukum daerah tersebut adalah untuk mengubah perilaku masyarakat dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus corona yang saat ini tengah melanda dunia. Perda AKB merupakan penguatan dalam mencapai tujuan beradaptasi dengan situasi wabah pandemi.

“Sebelum Perda lahir, sudah ada anjuran dari pemerintah mengenai protokol kesehatan. Sebagai penguatan, Pemprov Sumatera Barat menerbitkan Perda AKB yang disetujui bersama oleh DPRD dan pemerintah daerah pada tanggal 11 Septemer lalu. Setelah diregistrasi oleh Kemendagri, terhitung tanggal 10 Oktober 2020 Perda AKB sudah efektif berlaku di seluruh kabupaten dan kota,” paparnya.

Dia menyebutkan, Perda AKB merupakan produk hukum mandatori. Artinya, Perda AKB tidak memerlukan Perda turunan di tingkat kabupaten dan kota, bisa langsung diterapkan.

Tujuan dari Perda tersebut, menurut Arkadius adalah untuk menyelamatkan masyarakat dari terpapar Covid-19 meskipun harus beraktivitas seperti biasa.

Artinya menyesuaikan dengan keadaan. Wabah pandemi masih berlangsung, masyarakat tetap dapat selamat dalam beraktivitas,” ujarnya.

Lebih jauh, Arkadius mengingatkan, Perda AKB jangan dipandang sebagai aturan yang memberatkan masyarakat. Sebab, di dalam Perda ada sanksi denda dan hukum penjara, sejatinya bukan untuk menjerat masyarakat ke ranah hukum, tetapi adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar hidup aman di tengah pandemi.

“Betul ada sanksi dan hukuman, tujuannya agar masyarakat jangan sampai terkena sanksi. Bukan sebaliknya untuk menjerat masyarakat. Karena ada sanksi, membuat masyarakat akan lebih disiplin dalam penerapan protokol kesehatan,” sebut Arkadius.

Seluruh komisi – komisi di DPRD Provinsi Sumatera Barat turun ke daerah – daerah, terlibat aktif dalam sosialisasi Perda nomor 6 tahun 2020 tentang AKB dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Lima komisi di DPRD provinsi secara intens melakukan sosialisasi, dengan harapan penerapan Perda dapat lebih cepat dipahami oleh masyarakat di tengah kasus positif Covid-19 di Sumatera Barat yang masih terus meninggi. (*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional