Close

Kominfo Gali Data Sektoral OPD Pemkab Solsel

DATA SEKTORAL— Pegawai Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Solok Selatan saat menggali data sektoral.

PADANG ARO, METRO–Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Solok Selatan terus berupaya untuk menggali data sektoral yang ada di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memperkaya suguhan data dalam buku Solok Selatan Dalam Data 2023. Terbaru, Diskominfo telah mendapatkan 180 data baru dari OPD yang akan segera dipublis.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Solsel, Firdaus Firman mengatakan sebagai wali data, Diskominfo bertugas untuk mengumpulkan data. Dalam prosesnya, hal yang harus dilakukan mulai dari perencanaan data hingga menyusun daftar data yang akan dirilis.

“Dari hasil penyusunan tersebut dari tahun sebelumnya,  terdapat data baru sebanyak 180 jenis data yang bisa ditambahkan ke buku tahun ini yang juga akan mendukung kinerja kepala daerah. Tidak berhenti di situ, masih ada kemungkinan penambahan data,” jelasnya pada, Kamis (19/1).

Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo, Wesi Marsal mengatakan data ini diperoleh usai melakukan pertemuan dengan seluruh wali data pendukung dari seluruh OPD di Solok Selatan.

Sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan, seluruh OPD akan menyetorkan datanya paling lambat pada akhir bulan ini.

“Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, buku Solok Selatan Dalam Angka 2023 ini akan dirilis pada 28 Februari 2023 nanti. Dalam prosesnya, data yang telah dikumpulkan dari seluruh OPD akan diperiksa dan divalidasi dalam bentuk FGD bersama BPS dan Bappeda sebagai tim,” terangnya

Adapun perilisan buku ini secara tahunan merupakan wujud dari realisasi Perpres Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia. Diharapkan nantinya akan menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top