Close

Kombes Satake Bayu Pindah ke Polda Bali, 7 Kapolres di Sumbar Dimutasi Kapolri

Kombes Pol Satake Bayu.

PADANG, METRO–Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Stefanus Satake Bayu dipindah tugaskan ke Polda Bali untuk mengisi jabatan yang sama. Keputusan itu tertuang di dalam Surat Telegram (ST) Kapolri nomor ST/1214/VI/KEP./2022 tanggal 20 Juni 2022.

Dalam ST Kapolri itu, Kombes Pol Satake Bayu menggantikan posisi Kom­bes Pol Syamsi sebagai Kabid Humas Polda Bali. Sedangkan Kombes Pol Syamsi pindah ke Mabes Polri sebagai Kabag Pus­taka Waketbidminwa STIK Lemdiklat Polri.

Sementara itu, jabatan Kabid Humas Polda Sum­bar digantikan oleh Auditor Ke­polisian Madya Tingkat III It­wasda Polda Sumbar, Kom­bes Dwi Sulistyawan.  Jaba­tan yang ditinggal Dwi digan­tikan oleh Wadir Res­krimsus Polda Sumbar, AKBP Petrus Canisius Elva Setyasto.

Selanjutnya, Kapolres Luwu Utara, Sulawesi Sela­tan, AKBP Alfian Nurnas akan menjabat posisi yang ditinggalkan Petrus se­bagai Wadirreskrimsus Polda Sumbar.

”Benar ada mutasi. Sa­ya pindah tugas ke Polda Bali. Untuk serah terima jabatan (sertijab) belum tahu jad­walnya. Nanti dika­bari lagi,” ungkap Kombes Pol Satake Bayu saat dikon­firmasi war­tawan, Selasa (21/6).

Menurut Kombes Pol Satake Bayu, mutasi atau pindah tugas merupakan hal yang lumrah dan mut­lak di tubuh Polri. Sehingga, jika dimuatasi oleh pim­pinan, sebagai personel harus siap ditempatkan di mana saja.

“Hal itu guna regene­rasi agar kaderisasi di Polri terus berjalan dan tuntutan tugas yang semakin kom­pleks ke depan,” ungkap Kombes Pol Satake Bayu yang dikenal sangat dekat dengan wartawan dan sa­ngat mudah dihubungi un­tuk pemberitaan.

Selain Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Stefanus Satake Bayu Se­tia­nto yang pindah ke Polda Bali untuk jabatan yang sama, sejumlah Kapolres juga ikut diganti.  Pergan­tian itu tertuang di dalam Surat Telegram (ST) Kapol­ri nomor ST/1215/VI/KEP./2022 dan ST/1216/VI/KEP./2022 tanggal 20 Juni 2022.

Sejumlah Kapolres itu di antaranya, Kapolres Solok Kota, AKBP Ferry Suwandi yang pindah ke Mabes Polri sebagai Kasubbid Giatmas Bid Yanmas Baintelkam.  Pengganti AKBP Ferry di Polres Solok Kota yakni AKBP Ahmad Fadilan yang saat ini menjabat PS Kasub­bag Bankuminter Bagja­tinter Set NCB Interpol Indonesia Divhubinter Polri.

Kapolres Bukittinggi, AKBP Dody Prawiranegara pindah ke Kabag Ada Ro­log Polda Sumbar. Posisi­nya digantikan oleh seo­rang polisi wanita (Polwan) bernama AKBP Wahyuni Sri Lestari yang saat ini menjabat sebagai Kabag Diklat Pusdik Binmas Lem­diklat Polri.

Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Trisno Eko San­toso pindah ke Polda Sum­bar sebagai Wadir Pam Obvit. Dia digantikan oleh Kapolres Sawahlunto, AK­BP Ricardo Condrat Yusuf. Posisi yang ditinggal AKBP Ricardo ditempati oleh Ka­subbid Paminal Bid Propam Polda Sumbar, AKBP Pur­wanto Hari Subekti.

Selain itu, Kapolres So­lok Selatan, AKBP Tedy Purnanto pindah tugas ke Korps Brimob Polri sebagai Kasubbag Bekum Baglog. Pengganti AKBP Tedy ada­lah Kasubdit 1 Ditres­krim­sus Polda Sumbar, AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara.

Kapolres Pesisir Sela­tan, AKBP Sri Wibowo pin­dah menjadi Wakil Kepala SPN Polda Kepulauan Riau. Jabatan Kapolres Pesisir Selatan digantikan Kapol­res Padang Panjang, AKBP Novianto Taryono.  Posisi yang ditinggal AKBP No­vianto digantikan oleh Ka­subdit 2 Ditresnarkoba Polda Sumbar, AKBP Don­ny Bramanto.

Selain itu, sejumlah po­sisi perwira menengah (Pamen) di Polda Sumbar juga ikut diganti. Di anta­ranya,  Wadir Lantas Polda Sumbar, AKBP M Hari Mul­yanto menjadi Dirsamapta Polda Sulbar menggan­tikan Kombes Mu­hamad Syarif Harjo­saputro. Wadir Intelkam Polda Sumbar, AKBP Bobby C Simanjuntak ditarik ke Mabes Polri seba­gai Agen Intelijen Kepo­lisian Madya Tingkat III Baintelkam Pol­ri. (rgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top