Menu

Kolam Ikan Salah Satu Penyangga Ketahanan Pangan Keluarga

  Dibaca : 292 kali
Kolam Ikan Salah Satu Penyangga Ketahanan Pangan Keluarga
Kolam Ikan— Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi ketika meninjau kolom ikan milik Polres Limapuluh Kota dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di era pendemi.

LIMAPULUH KOTA, METRO
Bupati Kabipaten Limapuluh Kota, Ir.H Irfendi Arbi, mendorong masyarakat untuk melakukan usaha kolam ikan dengan memanfaatkan tanah kosong atau lahan perkarangan rumah. Dan memproduktifkan kembali kolom ikan yang selama ini tidak terawat atau nganggur.

Disampaikan orang nomor wahid di daerah diperlintasan Sumbar-Riau ini, di tengah masa pandemi Covid-19, masyarakat dapat memamfaatkan kolam ikan sebagai penyangga kebutuhan hidup. Usaha kolam ikan yang dapat meringankan beban masyarakat dengan kondisi ekonomi yang belum stabil.

“Salah satu pendukung ketahanan pangan di rumah tangga adalah dengan memanfaatkan perkarangan rumah dengan adanya kolam ikan mampu menyuplai kebutuhan rumah tangga seperti lauk pauk,” ujar Irfendi Arbi saat meninjau Kolam ikan di Mapolres Kabupaten Limapuluh Kota, baru-baru ini.

Artinya apabila terjadi krisis pangan kedepan, masyarakat tidak perlu lagi khawatir untuk pemenuhan pangan harian, karena untuk konsumsi ikan harian mereka sudah tersedia di depan rumah. Tinggal ditangkap, masyarakat sudah bisa mengkonsumsi ikan.

Tidak itu saja masyarakat dapat menjadikan kolam ikan sebagai usaha perikanan, dengan budidaya atau pembesaran ikan yang menghasilkan uang yang banyak. Disamping ketahana pangan keluarga juga bisa menjadi sumber mata pencarian. “Usaha Jenis ikan Lele, Gurami atau Nila dan Ikan Hias salah satunya sebagai usaha rumahan dan menghasilkan uang,” lanjut Irfendi Arbi.

Selain menjual ikan hidup sebagai penyangga pangan keluarga, kebutuhan makan ikan masyarakat tinggi, ini dapat dilihat dari pasar-pasar yang menjual ikan dan rumah makan yang menyediakan masakan ikan sebagai konsumsi harian. Dengan begitu diharapkan penuhan asupan gizi masyarakat dapat terpenuhi melalui konsumsi ikan yang tinggi. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional