Menu

Klopp Sabet Gelar Manajer Terbaik Liga Inggris

  Dibaca : 127 kali
Klopp Sabet Gelar Manajer Terbaik Liga Inggris
Klopp Sabet Gelar Manajer Terbaik Liga Inggris

Juergen Klopp memenangkan gelar manajer terbaik versi Asosiasi Manajer Liga Inggris. Penghargaan buat Klopp diumumkan Asosiasi Manajer Liga Inggris (LMA/League Managers Association) pada Selasa (28/7) dini hari WIB.

Manajer asal Jerman itu dipilih lantaran sukses membawa Liverpool meraih trofi Liga Inggris. Klopp berhasil mengakhiri puasa gelar liga Liverpool yang telah berlangsung selama 30 tahun.

Klopp mengalahkan nama-nama manajer lain seperti Marcelo Bielsa di tim Leeds United dan Gareth Ainsworth yang menangani Wycombe. Alhasil, pria 53 tahun tersebut berhak mendapatkan piala The Sir Alex Ferguson Trophy.

Juru taktik asal Jerman itu membawa Liverpool mendominasi Premier League – kompetisi kasta teratas Liga Inggris – musim 2019-2020.

Liverpool mengakhiri musim Liga Inggris 2019-2020 dengan berada di puncak klasemen bermodalkan 99 poin dari 38 pertandingan, unggul 18 angka atas Manchester City yang berada di peringkat kedua.

Tak hanya unggul jauh atas pesaingnya di akhir musim, Liverpool juga mencetak sejumlah rekor mentereng lainnya.

Tim berjulukan The Reds itu memecahkan rekor juara Liga Inggris tercepat yaitu ketika masih menyisakan tujuh pertandingan lagi.

Selain itu, Liverpool juga sempat mencatatkan rekor start terbaik di Liga Inggris, bahkan di antara lima liga top Eropa, ketika mampu mengemas 61 poin dari 21 pertandingan pada awal musim.

Klopp juga menjadi pelatih asal Jerman pertama yang menjuarai Liga Inggris.

Atas pencapaian gemilang bersama Liverpool, Juergen Klopp pun dianugerahi Sir Alex Ferguson Trophy, nama trofi manajer terbaik versi LMA yang diambil dari nama mantan manajer Manchester United.

“Saya benar-benar bahagia dinobatkan sebagai pemenang penghargaan manajer terbaik tahun ini,” ujar pria 53 tahun ini seperti dikutip dari BBC Sport, Selasa (28/7).

“Ini adalah trofi Sir Alex Ferguson yang luar biasa, dinamai menurut nama orang yang saya kagumi,” ucapnya menambahkan.

“Gelar ini juga terasa semakin spesial bagi saya karena dipilih oleh rekan-rekan manajer saya,” tuturnya.

“Ini juga sebuah kehormatan karena saya bisa bersanding dengan nama-nama lain yang telah memenanginya di masa lalu seperti Bill Shankly, Bob Paisley, Joe Fagan, Sir Kenny Dalglish, dan Brendan Rodgers,” kata Klopp.

Pengumuman Klopp sebagai pemenang gelar manajer terbaik disampaikan langsung oleh Ferguson melalui siaran video. Mantan bos Manchester United itu menyebut Klopp pantas mendapatkan titel manajer terbaik di Inggris atas performanya membawa Liverpool tampil trengginas sejak awal musim, hingga akhirnya menjadi kampiun Premier League.

Sir Alex Ferguson memberi ucapan selamat kepada juru taktik Liverpool itu.

“Juergen, fantastis. Kita berbicara tentang Leeds yang menghabiskan 16 tahun di Championship, tapi Liverpool sudah 30 tahun sejak terakhir kali juara liga, itu luar biasa,” kata Ferguson, dilansir dari Sky Sports.

“Anda jelas sangat pantas mendapatkannya, level penampilan tim anda luar biasa. Kepribadian anda cocok dengan seisi klub, ini adalah performa yang mengagumkan,” sambungnya.

“Saya memaafkan anda karena sudah membangunkan saya jam 3.30 pagi cuma untuk memberitahu saya kalau anda memenangkan liga! Terima kasih, bagaimana pun juga anda pantas mendapatkannya,” ujar Ferguson. (*/rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional