Menu

Klaster dari Destinasi belum Ditemukan, Kawasan Objek Wisata Tetap Buka

  Dibaca : 91 kali
Klaster dari Destinasi belum Ditemukan, Kawasan Objek Wisata Tetap Buka
Arfian, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang,

JATI, METRO
Meski kasus Covid-19 terus meningkat, Pemko Padang masih membuka peluang bagi wisatawan untuk masuk ke Kota Padang dan mengunjungi objek-objek wisata yang ada di Kota Bingkuang ini. Mulai dari Pantai Air Manis, Pantai Padang, Gunung Padang dan lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Arfian mengatakan, tempat wisata di Padang masih tetap dibuka untuk umum. Sebab saat ini belum ada klastes Covid-19 dari objek wisata.

”Sampai sekarang kan belum ada klaster dari objek wisata. Jadi untuk apa kita tutup,” sebut Arfian.

Apalagi terang Arfian, objek wisata di Padang kebanyakan merupakan alam terbuka dan panas, sehingga sulit bagi virus untuk bertahan. “Objek wisata kita kan terbuka. Biasanya virus bakal mati dengan cuaca yang panas,” tandasnya.

Meski demikian, kata Arfian, pihaknya juga mengacu pada instrukai gugus tugas penanganan Covid-19 di Padang. Jika tak memungkinkan lagi dibuka dan disuruh tutup, maka pihaknya akan menutupnya. “Kalau ditetapkan PSBB sama gugus tugas, tentu kita tutup. Sekarang kan masih belum,” ungkapnya.

Arfian menjelaskan, Disparbud Kota Padang bersama institusi terkait juga terus melakukan pengawasan di tempat-tempat hiburan dan objek wisata di Padang. Selain itu, juga selalu mengingatkan pengunjung untuk menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker.

Sebelumnya, Direktur Utama Perumda Padang Sejahtera Mandiri (PSM), Poppy Irawan mengatakan, kepatuhan pengunjung menerapakan protokol kesehatan di Pantai Air Manis meninggkat. Menurutnya, untuk antisipasi lonjakan kasus positif Covid-19, pengelola telah melaksanakan protokol Covid-19.

“Setiap pengunjung yang masuk diperiksa suhu, dan harus pakai masker dan cuci tangan. Kemudian kita juga menyediakan bilik sterilisasi,” bebernya.

Poppy Irawan menjelaskan, dalam sehari dari Senin sampai Jumat, rata-rata ada 200 sampai 500 orang pengunjung di Pantai Air Manis.”Kalau saat weekend atau hari libur, rata-rata diatas 1.000 sampai 2.000 pengunjung per hari,” sebutnya.

13 Kasus Baru
Berdasarkan data di website dinkes.padang.go.id, terjadi penambahan 13 kasus baru pada Jumat (11/9). Dengan penambahan ini maka total ada 1.604 kasus positif Covid-19 di Kota Padang.

Kemudian, terdapat tambahan 29 kasus sembuh, sehingga totalnya sudah mencapai 1.088 orang. Total meninggal dunia tetap 39 orang. Berikutnya, terdapat 15 kelurahan yang sudah bebas dari Covid-19 karena pasiennya sembuh atau meninggal dunia. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional