Menu

KKN UIN IB Padang Ajang Penguatan Dakwah

  Dibaca : 76 kali
KKN UIN IB Padang Ajang Penguatan Dakwah

LB. LINTAH, METRO – Sebanyak 22 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang menjalankan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Nagari Pakan Rabaa Timur, Kecamatan Parik Gadang Di Ateh, Kabupaten Solsel, mulai 17 Agustus hingga 22 Agustus nanti yang terpencar di empat jorong. Kegiatan ini merupakan salah satu tonggak akademik yang harus dijalani mahasiswa.

Sekretaris LP2M UIN IB, Drs. H. Masrial, MA menyampaikan ucapan terima kasih banyak kepada Pemerintah Nagari Pakan Rabaa Timur dan masyarakatnya yang telah menerima dan memfasilitasi mahasiswa UIN selama mengikuti program KKN-PPM.

“Harapan kami anak-anak kita di nagari ini ke depan dapat belajar di Madrasah Diniyah Awaliyah/Wustha (MDA/W) di samping mengikuti pelajaran di sekolah atau madrasah, atau mengikuti program pesantren (mondok) di tingkat tsanawiyah dan setelah itu melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA/SMK sesuai dengan bakat dan minat siswa tersebut,” kata Masrial, kemarin.

Dengan demikian, kecerdasan spritual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan sosial siswa dapat diasah sejak dini disamping kecerdasan intelejensinya. Persiapan yang sangat matang terhadap mahasiswa diharapkan mereka mampu menghadapi berbagai tantangan yang semakin komplek di masa mendatang.

“Karena generasi muda kita tidak hanya cukup dengan kecerdasan intelijensianya saja. Kemudian kepada mahasiswa peserta KKN-PPM menyampaikan harapan-harapannya untuk mengambil pelajaran dan pengalaman selama di nagari ini,” sebut Masrial.

Melalui KKN, Masrial menginginkan, anak-anak di nagari ini mampu membaca Al-Quran dengan baik dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama, dan para mahasiswa UIN Imam Bonjol jangan lupa membuat laporan sesuai dengan kegiatan yang telah dilaksanakan.

Pada kesempatan itu, Kapus Pengabdian Kepada Masyarakat-Testru, Hendra, M. Ag berharap dengan adanya kegiatan KKN-PPM ini akan menambah kemampuan mahasiswa dalam menghadapi berbagai persoalan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Ketua Kelompok KKN-PPM sekaligus mahasiswa Bimbingan Konseling Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi), Refika Yandi menyebutkan, bahwa dia bersama rekan-rekanya telah aktif melaksanakan bimbingan di TPA, bimbingan tahsinul Quran, memotivasi masyarakat untuk melaksanakan sholat berjamaah dan aktif sebagai khatib Jumat dan Hari Raya Idul Adha di lima masjid yang ada di Nagari Pakan Rabaa Timur ini. (rel/mil)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional