Menu

KKN Bukan Sekadar Kewajiban Akademik, Tapi Melatih Diri Beradaptasi dan Berbagi Ilmu

  Dibaca : 91 kali
KKN Bukan Sekadar Kewajiban Akademik, Tapi Melatih Diri Beradaptasi dan Berbagi Ilmu
Ramadhani Kirana Putra.

SOLOK, METRO–Sekitar 183 mahasiswa Universitas Maha­putra Muhammad Yamin (UMMY) Kota Solok bakal mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang tersebar di wilayah Kabupaten Solok dan Sawahlunto.

Sebelum KKN,­ ratusan mahasiswa itu terlebih dahulu mengikuti ke­gia­tan pem­be­kalan (coaching) yang di­bu­ka langsung Wa­kil Wali Kota So­lok Rama­dha­­ni Kirana Pu­tra di Ge­dung Kubuang Tigo Baleh, Sab­tu (4/9).

Pada ke­sem­­patan itu, Ramadhani ber­pesan para ma­hasiswa mam­pu mene­rap­kan konsep Tri Dharma Per­guruan Ting­gi yakni pendidikan, penelitian dan pengab­dian masyarakat. “Pemko Solok mendukung penuh UMMY sebagai mitra strategis peme­rintah, KKN merupakan wujud implementasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang terakhir yakni pengabdian masyarakat,” kata Ramadhani.

Pada kesempatan itu, Ramadhani men­ceri­takan pengalamannnya saat KKN tahun 2008. Di mana, dirinya sebagai mahasiswa harus mampu memiliki inovasi, kreativitas, serta kolaborasi terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat.

“Saya yakin kepada teman-teman semua­nya, KKN bukan kewajiban akademik semata tapi melatih diri untuk beradaptasi, berbagi ilmu, serta pengalaman yang paling luar biasa,” ucap Ramadhani.

Ia mengajak untuk perkuat potensi diri dan bagaimana menjawab harapan masa depan masing-masing. “Harapan masa depan orang tua untuk menjadi manusia yang  bermanfaat yang akan memberikan manfaat bagi ling­kungan, bangsa dan Negara,” ujar Ramadhani.

Profesor Ali Akbar berterima kasih kepada Wawako Solok yang telah meluangkan waktu membuka kegiatan tersebut sekaligus nara­sumber. “Terima kasih pak Wawako sudah me­luangkan waktu demi motivasi masiswa kita untuk turun ke masyarakat nantinya,” ucapnya. (*/vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional