Close

KJKS Disebut tak Terurus, Dinas Koperasi UMKM jangan Lepas Tangan

paripurna di DPRD Padang
Paripurna DPRD Padang

SAWAHAN, METRO0–Ketua Komisi II DPRD Padang, Elly Thrisanty Fraksi Gerindra mengatakan, 104 Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) di Kota Padang butuh pengelolaan dan pembinaan oleh SKPD terkait. Agar KJKS yang ada tidak hancur ke depan. Apalagi saat ini, disebut-sebut, banyak KJKS yang tak terurus dengan baik.

Kader Partai Gerindra ini menyebut, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Dinas UMKM) tidak bisa main-main dan lepas tangan dalam persoalan ini. ”Karena akan merugikan negara nantinya. Sebab lembaga ini menerima penyertaan dana dari APBD sejak pendiriannya Rp300 juta. Jangan sampai jadi temuan nantinya,” katanya.

Elly yang disebut-sebut berpeluang menjadi ketua DPRD Padang menggantikan Erisman ini menyebutkan, instansi terkait harus bangkit demi kesejahteraan usaha masyarakat dan pendapatan Kota Padang. Apalagi, KJKS seharusnya bisa diandalkan sebagai ujung tombak perekonomian masyarakat.

Anggota Komisi II, Yulisman meminta instansi bersangkutan meninjau kembali ke lapangan terhadap KJKS yang ada. Jika memang ada yang tidak aktif, harus dicek lagi. Kenapa ini bisa terjadi? Apa persoalannya. ”Kami minta Dinas Koperasi dan UMKM segera menyelesaikannya. Jika tidak selesai dengan efektif maka bubarkan saja lembaga ini, agar selesai permasalahannya,” kata kader Partai Demokrat ini.

Anggota Komisi II lainnya, Aprianto menyampaikan, pihak Dunas Koperasi dan UMKM harus melakukan pendataan kembali di masing-masing kelurahan yang ada. Karena dengan adanya data terbaru di sana baru terlihat dan tergambar mana KJKS yang berjalan atau tidak.

”Kami minta SKPD terkait transparan dan tidak menutup-nutupi persoalan yang terjadi. Agar nanti kecurigaan antara pihak yang satu dengan pihak yang lain tidak terjadi, serta tidak adanya pihak yang merasa dirugikan dari keberadaan lembaga ini,” kata kader PDI Perjuangan ini.

Sebelumnya Kadis Koperasi dan UMKM Padang Yunisman membantah, jika disebutkan 104 KJKS banyak yang tak terurus. Dia menyebut, sebuah koperasi disebut masih berjalan baik, kalau masih melakukan rapat anggota tahunan (RAT) setiap tahunnya. Dia juga memastikan, saat ini KJKS berjalan dengan baik, bahkan juga dibantu dengan disalurkannya dana kredit mikro kelurahan (KMK) yang awalnya tidak terurus. (cr2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top