Close

Kiprah Tim Inovasi Semen Padang pada Ajang TKMPN XXV, Borong Lima Platinum dan Tiga Gold

TIM GKM ROBIN HOOD: dari kiri ke kanan Adenil Muzarwi, Indra, Erwin Mayunda, Yudhi Permana, Peter Sazli.

TIM INOVASI PT Semen Padang kembali menorehkan prestasi gemilang pada ajang nasional. Kali ini, sebanyak lima predikat Platinum dan tiga Gold berhasil diraih pada ajang Temu Karya Mutu dan Pro­duk­tivitas Nasional (TKMPN) XXV yang diselenggarakan pada 15 hingga 18 November 2021. Lima Platinum diborong tim PKM Sending, PKM Optimus Prime, GKM Store 1908, GKM Robin Hood, dan SS Air Comp. Se­dang­kan predikat Gold, disabet tim 5R CF Silo, SS SIGI, dan PKM Smart Office.

Prestasi yang diraih tim inovasi perusahaan semen ke­bang­gaan orang awak ini, men­da­pat apresiasi yang ting­gi dari Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri. “Al­ham­dulillah, ini pencapaian yang luar biasa. Selamat ke­pada seluruh anggota tim yang telah menorehkan prestasi yang membanggakan tidak hanya bagi PT Semen Padang, namun juga kebanggaan bagi Padang dan Sumatera Barat,” kata Yosviandri di Padang, Jumat (19/11).

Ia berharap raihan prestasi yang diraih ini dapat menjadi penyemangat bagi in-san peru­sahaan untuk tetap produktif di masa pan­demi, dengan meng­hasilkan berbagai inovasi dan karya-karya terbaik. TKMPN XXV diselenggarakan secara virtual oleh PT Wahana Kendali Mutu diikuti sebanyak 300-an tim inovasi dari 180 peru­sa­haan di Indonesia dengan jum­lah peserta lebih dari 2000 orang.

Kepala Unit Humas & Kese­kre­tariatan PT Semen Padang Nur Anita menambahkan, pa­da ajang TKMPN XXV ini PT Se­men Padang mengikutkan se­banyak dela­pan tim inovasi. “Alhamdulillah, semua tim ino­vasi yang kami ikutkan meraih peng­hargaan,” katanya.

Menurut Anita, keikutser­taan PT Semen Padang pada ajang TKMPN tersebut sebagai bentuk komit­men perusahaan terhadap inovasi dan im-pro­ve­ment di lingkungan peru­sahaan.

Senior Total Productive Maintenance (TPM) Officer PTSP Zulkarnaen selaku penge­lo­la inovasi di PT Semen Padang merinci judul inovasi dari 8 tim berpresta-si tersebut. Untuk Sending dengan judul Meng­hilangkan Frekuensi Fault Sen­ding Sampler Indarung 5 de­ngan Cara Membuat Sistem Kontrol Inovasi Sendiri dalam Waktu 5 Bulan, terdiri dari inovator Zulvawarman, Fandi Rahmanda, Adenil Muzarwi, Dery Suwandi dan Riky Johan.

Tim Optimus Prime dengan judul Menurunkan Laju Ke­ausan Inner Part Raw Mill dan Menurunkan Power Consumption Sebanyak 5 % dengan Me­modifikasi Dimensi Reject Cone dan Mengurangi 20 % Nozzle Ring Opening, terdiri dari ino­vator Muhammad Ikh­las, Nino Perdana Putra, Mar­dian, Azet Putra dan Sigit Ari Widodo. Kemudian tim Store 1908 de­ngan judul Memperbaiki Keru­sakan Circuit Breaker (CB) Sinkron 3kV Di PLTA Rasak Bunga dengan Tetap Mem­pertahankan Orisinalitas Pera­latannya, inovatornya adalah Prinaldi, Rizky Dwi Ernaldi, Imran, Ruki Tri Julman, Mick Donald dan Rudi.

Robin Hood dengan judul Menghilangkan Coating Pada Main Burner Menggunakan Auto­matic Purging Air Untuk Meng­­hindari Kerusakan Bur­ner Equipment Sehingga Pro­ses Pembakaran Optimal, ino­vatornya Peter Sazli, Indra, Ade­nil Muzarwi, Erwin Mayun­da dan Yudhi Per­mana. Tim Air Comp judul ino­vasi Mening­kat­kan Kehan­dalan Kompresor P75C01 GA 75+ dengan Memo­di­fikasi Motor Fan Cooler dari Tipe MK165-6DK Menjadi Tipe 1LE1603-1BC2 3 Phase Flange Mounting, dengan inovator Benny Arianto.

Selanjutnya, tim 5R CF Silo dengan judul Pene­rapan 5R di Ekstraksi CF Silo Indarung VI Sehingga Penari­kan Lancar, Tidak Fluktuatif, Bersih, dan Rapi untuk Pera­latan dan Area Serta Inovatif, terdiri dari ino­vator Doche Delson, Fery Wi­bowo, Sabrimen, Kardinal Martin dan Jufri Ramadhan.

Tim SS Sigi dengan judul Mempercepat Pencarian Doku­men Peralatan dengan Mem­buat Aplikasi System Informasi Peralatan yang Ber­basis Web-base dan QR-Code di Gardu Induk PT. Semen Padang dari 30 Menit Menjadi Kurang dari 1 Menit terdiri dari inovator Mick Donald dan Rizky Dwi Ernaldi.

Kemudian terakhir, PKM Smart Office dengan judul Pe­ning­katan Efisiensi Energi Lis­trik Sebesar 52% dengan Smart Office di Kantor Inspeksi Pe­me­liharaan sebagai Pilot Pro­ject untuk Perkantoran di PT Se­men Padang, terdiri dari ino­vator Jimmy Desilba, Eko Tri Sa­­putra, Muharmansyah, Yu­distia Hadi Pratama dan Ari Mulia. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top