Close

Khairunas: Germas Tumbuhkan Budaya Bersih

PADANG ARO, METRO–Dalam rangka mempercepat dan mensinergikan tindakan dan upaya promotif dan preventif  hidup sehat, Pemerintah Provinsi Su­matera Barat bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat meluncurkan Gerakan Ma­syarakat Hidup Sehat (GERMAS) dalam penurunan Stunting. Gerakan ini ditujukan untuk mening­katkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban biaya pelayanan kesehatan akibat penyakit.

Bupati Solok Selatan, Khairunas mengatakan GERMAS adalah sebuah gerakan untuk menumbuhkan budaya bersih dan sehat kepada masyarakat.  “Dalam hal ini pemberdayaan hidup bersih dan sehat dari perusahaan sangat penting antara lain membiasakan hidup bersih dan sehat di lingkungan bekerja. Dengan begitu karyawan bisa menerapkan di tempat tinggal masing-masing,” katanya.

Disebutkan,  budaya hidup bersih dan sehat juga harus ditunjang dengan ketersediaan infrastruktur yang mendukung seperti tersedianya air ber­sih, jamban, dan sanitasi yang baik. Untuk itu diharapkan kepada perusahaan dan seluruh golongan masyarakat untuk menyediakan dan mengoptimalkan fasilitas tersebut. “De­ngan kegiatan yang dicanangkan oleh pemerintah provinsi dan kabupaten ini diharapkan gerakan ini tidak hanya sebagai himbauan saja, namun ada tindak lanjut dalam bentuk kolaborasi antara pemerintah daerah dengan perusahaan yang ada di Kabupaten Solok Selatan,” katanya.

Guberbur Sumatera Ba­rat, Mahyeldi mengungkapkan menjaga hidup bersih dan sehat ini tidak hanya ditunjang dengan lingkungan yang sehat saja. Namun menjaga kesehatan juga perlu dilakukan dengan menjaga kesehatan dari penyakit menular dan penyakit lainnya.

Saat ini, di tengah tingginya tingkat kematian akibat penyakit beresiko, masalah gizi rendah ditemukan adanya ibu hamil kurang gizi, balita kurang gizi berefek pada pertumbuhan yang berkurang dikenal dengan stunting.  “Kita dihadapkan dengan kondisi Sumatera Barat 23% stunting, di Solok Selatan juga tidak jauh berbeda dengan provinsi. Ini permasalahan yang dihadapi saat ini. Oleh sebab itu sangat penting dan urgent kiranya setiap kita betul-betul memahami dan mengetahui bagaimana menghadirkan hidup yang sehat dan bersih,” katanya

Untuk itu pemerintah provinsi mengajak seluruh kabupaten/kota hingga ke kecamatan dan nagari untuk bergerak bersama dengan meningkatkan perannya untuk memberikan wawasan kepada masyarakat sehingga kesadaran untuk hidup bersih dan sehat tercapai. Beberapa hal yang menjadi perhatian Gubernur dan perlu dilakukan untuk mencapai hidup bersih dan sehat, yakni perlunya dilakukan kegiatan fisik dan peningkatan perilaku hidup sehat mulai dari istirahat yang cukup.

Lalu penyediaan pangan yang sehat di rumah tangga, artinya makanan yang dikonsumsi memenuhi kebutuhan gizi karena akan mempengaruhi perkembangan otak dan kecerdasan anak. Kemudian melakukan pen­cegahan dan deteksi dini penyakit dan terakhir adalah peningkatan kualitas lingkungan yang sehat. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top