Close

Ketua TP PKK Tanah Datar: KB Baik untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

DIALOG—Ketua TP PKK Tanahdatar Ny Lise Eka Putra sedang berdialog dengan masyarakat.

TANAHDATAR, METRO–Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDPPKB) bersama Dinas Kesehatan dan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Tanah Datar melakukan pelayanan KB serentak di puskesmas di 14 kecamatan, Rabu (15/6).

Pelayanan KB Sejuta Akseptor (PSA) ini juga serentak di kabupaten dan kota di seluruh wilayan Indonesia dan merupakan rangkaian dalam mem­peringati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 tahun 2022.

Kepala Dinas PMDPPKB Tanah Datar Nofenril saat meninjau pelaksanaan pelayanan KB serentak di Fasilitas Kesehatan (Faskes) Puskesmas dan Pustu itu mengatakan optimis jika PSA akan berjalan lancar dan sukses berkat dukungan Dinas Kesehatan, TPPKK dan IBI serta peran aktif kader membawa akseptor untuk pelayanan KB di faskes.

“Kegiatan pelayanan KB ini juga sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk ikut ber KB dan menjaga keberlangsungannya di wilayah Tanah Datar,” ujarnya.

Lebih lanjut kata Nofenril Dinas PMDPPKB ber­komitmen menyukseskan kegiatan PSA dalam rangka Harganas Ke-29 dalam berbagai bentuk pelayanan KB seperti pemasangan IUD, IMP, Suntik, Pil KB dan Kondom, dan Ia optimis dari target yang diberikan provinsi sebanyak 982 orang bisa dicapai.

Sementara itu Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra saat meninjau langsung pelaksanaan PSA itu mengajak masyarakat untuk menyukseskan program KB di Tanah Datar.

“Ber KB atau program KB sangat baik bagi kaum perempuan yang telah berkeluarga, baik untuk kesehatan baik juga untuk kesejahteraan keluarga, mari ber KB, dua anak cukup,” ucapnya dihadapan akseptor yang mendapat pelayanan di faskes tersebut.

Ditegaskan Ny. Lise Eka Putra jadikan momentum ini untuk lebih memahami bahwa pondasi yang kuat sebuah negara adalah keluarga. Dari itu keluarga harus sehat dan direncanakan melalui KB, maka manfaatkanlah PSA ini dengan sebaik-baiknya sehingga keluarga yang sehat dan sejahtera itu terwujud.

Tahun ini Peringatan Harganas, Pemerintah Pusat mengangkat tema,  “Ayo Cegah Stunting, Agar Keluarga Bebas Stunting”. Dan target pelayanan satu juta akseptor di seluruh Indonesia dan itu digratiskan. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top