Menu

Ketua PPM Minta Baznas Sumbar Sudahi Polemik

  Dibaca : 68 kali
Ketua PPM Minta Baznas Sumbar Sudahi Polemik
Wahyu Iramana Putra

PADANG, METRO–Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Sumbar Wah­yu Iramana Putra mengingatkan agar po­lemik pengurus Baznas Provinsi Sumbar tidak ber­kepanjangan. Ia me­min­ta agar pengurus yang kini sudah dite­tapkan oleh Baz­nas Pusat se­suai reko­men­dasi Pansel agar segera dilantik.

Mantan Wa­kil Ketua DPRD Padang periode 2014-2019 itu meng­in­gat­kan agar po­le­mik yang terjadi tidak mengulang kejadian di Baznas Kota Padang beberapa waktu lalu.

Dimana, pengurus yang ditetapkan Pansel jus­tru tidak jadi dilantik oleh Walikota saat itu, yang kini menjadi Guberur Sumbar. “Yang dilantik bukan yang dipilih Pansel, tapi malah walikota melantik orang-orang diluar pilihan pansel, yang diyakini orang dekat­nya,” kata Wahyu Irama­na.

Menurutnya, dengan tidak melantik pengurus yang sudah terpilih sesuai dengan aturan yang  ber­laku tentu saja menjadi tan­da tanya di tengah masya­rakat.

Ditambah lagi, Guber­nur meminta agar dila­kukan pemilihan ulang, yang terkesan gubernur memiliki kepentingan poli­tik terhadap lembaga Baz­nas.

“Kita harap Baznas ja­ngan dijadikan komoditas politik gubernur. Baznas itu kan lembaga yang inde­pen­den yang melak­sana­kan tugasnya sesuai atu­ran yang ada,” ujarnya.

Untuk itu, Wahyu yang juga Komandan Resimen Mahasiswa Pagaruyung (Maharuyung) Sumbar itu menyarankan Gubernur Sumbar untuk melantik pengurus yang sudah ter­pilih.

Sebab, Baznas Pusat juga menyurati Pemprov Sumbar untuk segera me­lan­tik pengurus yang su­dah direkomendasikan. “Gubernur wajib melantik pengurus yang sudah ter­pilih. Tidak ada alasannya untuk tidak melantik,” te­gas­nya.

Ia juga menya­yang­kan jika kepala daerah me­narik-narik Baznas da­lam kepentingan politik. Se­men­tara dana yang dike­lola Baznas itu adalah dana umat yang berasal dari zakat, infaq dan se­dekah.

“Sekali janganlah man­faatkan Baznas ini untuk kepentingan politik. Biar­kanlah berjalan indepen­den menjadi mitra peme­rintah,” paparnya. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional