Close

Ketua LPM Padang Dukung Polisi Akselerasi Vaksinasi

Irwan Basir Ketua DPD LPM Kota Padang,

PADANG, METRO–Kepolisian Negara Re­publik Indonesia (Pol­ri) ber­tugas untuk mem­be­rikan perlindungan, penga­yoman dan pel­ayanan ke­pada masya­rakat dalam rang­ka men­jaga, me­me­lihara ke­amanan dan ke­tertiban masyarakat (Har­kam­tib­­mas) agar selalu kon­­du­sif.

Dalam hal penanga­nan dan pencegahan pe­nye­baran Covid-19, Polri terus berupaya menga­jak ma­sya­rakat untuk mengikuti vaksinasi Co­vid-19 yang bertujuan untuk mening­kat­kan herd immunity (ke­kebalan kelompok tubuh) bagi ma­sya­rakat.

Salah satu tokoh ma­sya­rakat di Kota Padang, Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM selaku Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LMP) Kota Padang, sangat mendukung apa yang dilaksanakan oleh Polri, khu­susnya anggota kepolisian di jajaran Polda Sumbar dalam penanganan Covid-19.

“Karena apa yang dilaksanakan oleh Polri itu sudah benar, sesuai dengan tugas pokok dan fung­sinya dalam upaya mencegah Covid-19 apalagi dengan keberadaannya (Polri) di tengah masyarakat untuk membantu percepatan vaksinasi,” katanya Irwan Basir yang akrab disapa Datuk IB pada hari Senin (14/2) di Padang.

Ia mencontohkan, seperti keberadaan anggota Polri di sekolah-sekolah untuk membantu pelayanan vaksinasi dan mengajak masyarakat serta pelajar untuk ikut vaksin. Sehingga hal yang dilaksanakan tersebut perlu mendapat dukungan bersama-sama dengan melaksanakan pen­­­­dekatan prosiasif dan kearifan lokal dengan melibatkan tokoh masyarakat, komite sekolah dan pendata sosial lainnya.

“Maka untuk itu Polri berada di tengah ma­sya­rakat karena sudah tugasnya sebagai pengayom masyarakat,” jelasnya.

Untuk itu, selaku salah satu tokoh masyarakat di Kota Padang, Irwan Basir berharap agar masyarakat dapat menilai secara objektif terhadap apa yang telah dilakukan oleh pemerintah dalam hal men­cegah Covid-19.

“Karena tugas ini tidak hanya institusi saja, tetapi juga melibatkan tokoh ma­syarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh pemuda di lingkungannya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ketua DPD LMP Kota Padang ini kem­bali meminta kepada ma­syarakat, untuk bersama-sama terjun dan mendukung program pemerintah tersebut.

“Jangan sampai kita salah mengartikan apa yang telah diperbuat oleh pemerintah atau Polri da­lam membantu penanganan Covid-19 ini,” ajaknya.

Terkait dengan adanya vaksinasi untuk pelajar usia 6-11 tahun, Iwan Basir menyebut perlunya dari dalam lingkungan keluarga itu sendiri, dalam hal ini orang tuanya sebagai penentu kebijakan dalam rumah tangga terkecil dengan memberikan masukan yang positif terkait vaksin tersebut.

“Karena ini menyang­kut kesehatan bersama dan menuju bagaimana tingkat proses tatap muka (belajar) antara para siswa itu bisa berjalan normal kembali,” ujarnya.

Irwan Basir menuturkan, kalau lingkungan keluarga itu kurang memahami, maka kalau perlu bertanya kepada masyarakat atau institusi kesehatan tingkat kesehatan bawah seperti puskesmas atau pos kebidanan tentang vak­­sin dan itu semua untuk menghindarkan kita dari isu-isu berita hoks.

“Oleh karena itu, keluarga terkecil ini dapat mem­bantu dari pada program pemerintah yang intinya bermuara kepada kesehatan kita bersama, sehingga para orang tua dan keluarga satu pintu dalam berfikiran yang sehat. Supaya tepatnya vaksinasi dan cepatnya tatap muka kembali sehingga proses PBM (proses belajar mengajar) berjalan semestinya,” pung­kas­nya. (rgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top