Close

Ketua KONI Sumbar Diperiksa Kejari

Andre Pratama Aldrin Kasubsi Pidsus Kejari Padang.

PADANG, METRO–Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang memeriksa mantan Ketua Komite O­lah­raga Nasional Indonesia (KONI) Padang Agus Suardi atas dugaan korupsi di tubuh KONI Padang.

Dari pantauan di Kejari Padang, pemeriksaan terhadap Agus Suardi berlangsung dari Senin (15/11) jam 10.00 pagi.

Hal ini di ungkapkan langsung oleh Kepala sub seksi penyidikan tindak pidana khusus (Kasubsi Pidsus) Kejari Padang Andre Pratama Aldrin saat ditemui di sela-sela pemeriksaan.

Menurutnya, pada saat ini sedang berlangsung pemeriksaan terhadap man­tan Ketua KONI Kota Padang periode 2016-2020 Agus Suardi yang kini menjabat sebagai Ketua KONI Sumatra Barat (Sumbar) periode 2021-2025.

“Memang benar pada saat ini terjadi pemeriksaan terhadap mantan ke­tua KONI Padang,” ucap­nya.

Andre menambahkan, pemeriksaan terhadap A­gus Suardi terkait penggunaan dana hibah dari Pemko Padang terhadap KONI Padang atas dugaan kegiatan fiktif dalam anggaran KONI 2018, 2019, dan 2020.

“Kita telah memeriksa 33 dari 35 pengurus cabang olahraga (cabor) di KONI Padang. Dua cabor belum diperiksa karena pengurus sudah meninggal, tetapi kita akan memanggil perwakilan dari pengurus cabor yang belum diperiksa tersebut,” tambahnya.

Naiknya status dari pe­nyelidikan ke penyidikan tertuang dalam Surat Perintah penyidikan Kepala Kejaksaan Nege­ri Pa­dang No sprin :02/L.3.10/Fd.1/2021 tertanggal 21 Oktober 2021.

Dalam kasus ini terungkap ada dugaan bebe­ra­pa kegiatan fiktif dan pembayaran ganda terhadap transportasi pengurus. Nilai kerugian ke­uang­an negara diperkirakan sekitar Rp 2,1 miliar.

Sebelumnya, Ke­jari Pa­dang melakukan penyeli­dikan terkait dugaan tindak pidana korupsi dana hi­bah KONI Padang tahun anggaran 2018-2020.

Dalam penyelidikan ter­sebut, Keja­ri Pa­dang me­manggil sejumlah pejabat di Dinas Pemuda dan Olah­raga (Dispora) Kota Pa­dang dan peja­bat KO­NI Pa­dang. 

Diketahui, pejabat Dispora Kota Padang yang dipanggil yakni Junaldi yang menjabat sebagai Kepala Bidang Kepemudaan.

Sementara pejabat di KO­NI Padang yakni Ke­tua KONI Padang Agus Su­ar­di dan Ben­dahara  KONI Padang Kennedi.

Kepala Bidang Kepemudaan Dispo­ra Pa­dang Ju­naldi dipanggil pa­da Senin (20/9). Sedangkan Ke­tua  KO­NI Padang Agus Su­ar­di dan Ben­dahara  KO­NI Pa­dang Kennedi dipanggil pa­da Selasa (21/9) lalu. (hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top