Menu

Ketua Komisi III DPRD Tanahdatar Arianto Sigi Proyek Penahan Tebing Puncak Pato

  Dibaca : 97 kali
Ketua Komisi III DPRD Tanahdatar Arianto Sigi Proyek Penahan Tebing Puncak Pato
TINJAU—Ketua Komisi III Arianto meninjau pembangunan proyek penahan tebing di Puncak Pato, Kecamatan Lintau Buo Utara.

TANAHDATAR, METRO
Ketua Komisi III DPRD Tanahdatar Arianto bersama Dinas PUPR Kabid Bina Marga Refdizalis dan BPBD Syofyan meninjau pelaksanaan pengerjaan proyek pembangunan atau pemasangan penahan tebing Puncak Pato, Tanahdatar, Minggu (4/10).

Proyek tersebut menelan dana sebesar Rp8 miliar lebih yang saat ini masih dalam pengerjaan, sebut Arianto. “Proyek ini masih dalam pengerjaan, royek ini didanai dari DAK pusat,” kata Arianto. Ia berharap, proyek ini bisa dikerjakan sesuai aturan dan tepat waktu, jangan sampai terjadi hal hal yang tidak diinginkan apalagi berurusan dengan hukum.

Setelah meninjau pelaksanaan proyek penahan tebing di Puncak Pato tersebut,, ketua komisi III ini, dengan menggunakan kendaraan roda dua melakukan survey meninjau kondisi ruas jalan Duek-Koto Nyiur-Pamasihan-Padang Lunggo-Mawar- Tapi Selo, Kecamatan Lintau Buo Utara.

Disebutkan, struktur jalan tersebut sangat labil, sering dihindoh longsor, kondisi jalan ini sudah sangat parah dan butuh segera ditangani.”Kondisi jalan ini sudah sangat parah, butuh segera untuk ditangani,” kata Arianto.

Disebutkan, untuk mendanai pembangunan jalan ini akan di ajukan permohonan ke BNPB pusat, melalui Dana Siap Pakai (DSP) yang ada di BNPB.”APBD kita tak cukup kuat untuk pembangunan jalan ini, karena biayanya sangat besar,” kata Arianto.

Ditambahkan, APBD Tanahdatar setiap tahun mengalami defisit dan sangat sulit rasanya akan bisa di lakukan pembangunan jalan tersebut, kalau hanya dengan mengandalkan dana daerah ini. Ia juga menyebutkan, kerusakan jalan ini juga diakibatkan oleh truck besar yang keluar masuk, mengangkut bahan batu pecah, yang dikerjakan PT ICCI. “Insyaallah, tabun 2021 ini kita dapat dana DAK dari pusat sebesar 3 M lebih,” kata Arianto.

Ditambahkan, Sebenarnya tahun 2020 untuk pembangunan jalan ini sudah dianggarkan melalui APBD, namun dihadang oleh pandemi covid19. Untuk melanjutkan pengaspalan jalan (Duek-Pamasihan) ketua Komisi III ini mohon do’a dari masyarakat Tanahdatar, agar pembangunan semakin merata sampai ke pelosok nagari. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional