Menu

Ketua DPRD Sumbar Peduli Warga Terdampak Covid-19, Gelar Pasar Murah dan Salurkan Bantuan

  Dibaca : 125 kali
Ketua DPRD Sumbar Peduli Warga Terdampak Covid-19, Gelar Pasar Murah dan Salurkan Bantuan
Ketua DPRD Sumbar menyalurkan bantuan untuk warga terdampak Covid-19 pada saat melakukan kunjungan salah satu lokasi pasar murah di Kota Payakumbuh.

Langkah yang dilakukan Ketua Dewan Perwakilan Rak­yat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat, Supardi, layak diapresiasi. Disaat ekonomi masyarakat sedang turun dan daya beli berkurang akibat terdampak pandemi Covid-19, Ketua DPRD Sumbar meng­ini­siasi agar operasi pasar murah digelar untuk stabilitas ekonomi serta konsumsi pangan masya­rakat.

Pasar murah yang dilak­sanakan diempat kelurahan di Kota Payakumbuh ini, ramai dikunjungi masyarakat. Selain mudah dijangkau,  mas­yarakat yang berbelanja juga mendapatkan subsidi 50 persen dai harga biasa.

Ketua DPRD Sumbar, Supardi, memberikan kata sambutan pada saat mengunjungi lokasi Pasar Murah di Kota Payakumbuh.

Minggu (22/8), Ketua DPRD Sumbar mengunjungi pasar murah tersebut setelah meresmikannya sekitar se­ming­gu yang lalu. Kedatangan Ketua DPRD dan rombongan di­sambut antusias oleh warga dan pemerintah setempat. Dalam kunjungan­nya, Ketua DPRD juga me­nya­lurkan ban­tuan untuk ma­sya­­rakat yang ter­dampak co­vid-19.

Dalam kesempatan itu, Supardi  tak lupa menyapa dan menanyakan bagaimana kon­disi masyarakat di dapilya saat ini. Dia juga memberikan moti­vasi agar selalu sabar dan ber­sama-sama membantu peme­rin­tah dalam melawan penye­baran Covid-19.

Terkait dengan pasar mu­rah yang digelar, Supardi me­nyam­paikan bahwa pasar mu­rah ter­sebut merupakan upa­ya me­ningkatkan stabilitas eko­nomi serta konsumsi pa­ngan ma­sya­rakat di masa pan­demi Covid-19.

Sejak pasar murah digelar, sangat membantu warga yang ekonominya sedang melemah  atau terpuruk akibat dampak dari pandemi Covid-19.

“Saat ini, warga kita banyak yang menjerit karna dampak wabah Covid-19 ini. Kita sangat berharap dengan operasi pa­sar murah ini bisa mening­kat­kan ekonomi dan konsumsi pangan masyarakat,” ungkap­nya, Minggu (22/8).

Pasar murah ini digelar melalui Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Dinas Ketahan Pangan Kota Payakubuh. Ini juga bagian dari upaya pemulihan ekonomi (Recovery Economy) masyarakat.

Saat pandemi Covid-19 ini,  perekonomian masyarakat telah mengalami penurunan. Supardi berharap, program ini bisa membangkitkan kembali daya beli masyarakat terhadap kebutuhan pokok.”Ini untuk pemulihan ekonomi dan meng­geliatkan kembali daya beli masyarakat,” kata Supardi.

Menurut Supardi, pe­na­nganan pandemi Covid-19, harus diiringi dengan upaya pemulihan ekonomi masyara­kat. Kondisi masya­rakat menga­lami serba keku­rangan, apalagi di Kota Paya­kumbuh, perpu­taran ekonomi sangat dipenga­ruhi usaha kuliner dan UMKM.

“Sekarang ini, dua bidang usaha tersebut berjalan tidak sempurna, bahkan ada yang mati. Semua sektor terdampak Di Kota Payakumbuh, hal itu diperburuk dengan tingginya angka pengangguran serta perputaran ekonomi yang jalan ditempat. Kondisi ini tidak hanya terjadi di Kota Payakumbuh, juga hampir merata di wilayah Provinsi Sumatera Barat,” katanya.

Dengan pasar murah ter­sebut,  upaya pemulihan eko­nomi dimulai dari  tingkat kelu­rahan dengan mengan­deng warga setempat. “Ma­syarakat dapat membeli kebu­tuhan po­kok dengan harga terjangkau, misalnya pada pasar kon­vensional harga beras Rp 200 ribu, maka di pasar murah dapat dibeli de­ngan harga Rp 100 ribu. Subsidi 50 persen,” te­rangnya.

Meski sifatnya jangka pen­dek, namun menurut Supardi masyarakat cukup mengapresi karena program tersebut  me­rupakan salah satu solusi untuk pemenuhan kebutuhan pokok harian mereka. “Penanganan Covid-19,  jangan fokus terhadap melawan virusnya saja,  namun juga memulihkan kembali ekonomi, “ tegasnya.

Dia merincikan,  empat kelurahan yang diadakan pasar murah tersebut adalah  Kelurahan Tiakar, Kelurahan Napar, Kelurahan Ompang Ranah Sirah, Kelurahan Tara­tak Padang Kampuang.

Peninjauan pasar murah, Ketua DPRD Sumbar Supardi didampingi Kepala Dinas (Ka­dis) pangan Kota Payakumbuh Edvidel arda, Musrizal Dinas Pangan Provinsi Sumbar, Hu­sin Kepala Bagian (Kabag) per­sidangan Sekretariat DPRD Sumbar serta tenaga ahli DPRD Sumbar Murdani.

Dalam  saat pertemuan dengan masyarakat, Supardi juga mengimbau agar tetap menjaga kerukunan dan keter­tiban, serta memperhatikan Protokol kesehatan karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Masa pandemi Covid-19 belum berakhir. Tetap disiplin menerapkan protokol kese­hatan agar tidak terpapar virus corona serta memutus mata rantai penyebarannya,” tandas Supardi.

Sementara itu, Salmida,  salah seorang masyarakat mengatakan, dirinya dan ke­luarga sangat terbantu dengan adanya pasar murah tersebut. Dia juga mengucapkan teri­makasih kepada Ketua DPRD Sumbar, Supardi, karena telah respon dengan cepat kondisi masyarakat saat ini. Begitu juga dengan pemerintah provinsi Sumatra Barat dan Kota Paya­kumbuh yang telah memfa­silita­sinya.

“Kami sangat berterima­kasih pada pak ketua DPRD Sumbar, karena sudah sangat peduli terhadap kondisi mas­yarakat. Apa lagi, tadi bapak minta pemerintah kabupaten/kota agar terus menggelar acara seperti ini secara rutin. Ini sangat menolong kami di masa sulit sekarang ini,” ulas Salmida.

Dia juga mengatakan, aca­ra pasar murah dan pembagian sembako bukan baru kali ini dilakukan Supardi, tapi sudah sering dan berulang kali, sehingga menjadi catatan pe­ngab­dian dari masyarakat, untuk ketua DPRD Sumbar.(*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional