Close

Ketua DPRD Sumbar Dukung Program Parlemen Remaja 2021

Empat siswa perwakilan Sumatera Barat dalam Program Parlemen Remaja 2021bertemu dengan Ketua DPRD Sumbar, Supardi.

PADANG, METRO–Ketua Dewan Perwa­kilan Rakyat Daerah (DP­RD) Provinsi Sumatera Ba­rat Supardi menyatakan dukungannya terhadap Pro­­gram Parlemen Remaja yang dicetus oleh DPR RI. Program tersebut diyakini mendorong peningkatan pemahaman dan pe­nge­tahuan remaja tentang politik dan legislatif se­hingga terciptanya sistem pemerintahan yang lebih baik di masa mendatang.

 Hal itu disampaikan Supardi saat menerima empat orang siswa per­wakilan Sumatera Barat dalam program tersebut, Kamis (16/9/2021). Menurut Supardi, Pendidikan politik terhadap siswa Sekolah Me­nengah Atas dan Ke­juruan (SMA/ SMK), men­jadi unsur strategis dalam membentuk sistem peme­rintah yang lebih baik di masa depan. 

 “Program Parlemen Remaja yang dicetus oleh DPR RI ini sangat bagus untuk meningkatkan pema­haman remaja terhadap politik dan legislatif se­hingga ke depan akan ter­bentuk generasi muda yang mampu berkiprah dalam sistem pemerin­tahan yang lebih baik,” kata Supardi.

 Dia berharap, peserta yang mengikuti program tersebut dapat memupuk diri menjadi seorang ne­garawan. Rangkaian program yang dilalui para siswa, akan meningkatkan minat dalam mengenal dunia politik.

 Supardi menambah­kan, menjadi seorang po­litisi idealnya melalui ber­bagai tahapan hingga a­khir­nya akan mewakili ma­syarakat di parlemen. Me­lalui Program Parlemen Remaja, diharapkan dapat menumbuhkembangkan jiwa politisi yang ideal bagi kebutuhan masyarakat, negara dan bangsa.

 “Siswa yang mengikuti program ini ditempa pem­bekalan untuk terjun ke dunia politik, menularkan pengetahuan yang dipe­rolehnya kepada rekan-rekan sejawat sehingga meminimalisir hadirnya “politisi karbitan” di par­lemen,” tambahnya.

 Program  Parlemen Remaja merupakan kegia­tan pembelajaran politik kepada generasi muda, khususnya pelajar tingkat SMA/ SMK. Mereka me­ngikuti simulasi menjadi Anggota DPR RI selama 5 hari. Program tersebut diselenggarakan sejak tang­gal 13 hingga 17 September 2021. Tema program tahun ini adalah “Re­maja di Era Kebebasan Informasi: Siaran Berkua­litas, Masyarakat Cerdas”.

 Tahun ini, program di­lak­sanakan secara virtual. Empat orang peserta per­wakilan Sumbar mengikuti rangkaian kegiatan di ru­mah dinas Ketua DPRD Sumbar. Empat siswa dan siswi perwakilan Sumbar tersebut adalah Aldi Rah­mad siswa SMAN 1 Pasa­man, Aisyah Zharfania Qintara dari SMAN 3 Pa­dang, Nindi Janetri Jafri dari SMAN 3 Painan dan Qurratul Hilma dari MAN 2 Payakumbuh.

 Aisyah Sharfanita Qin­tara, salah seorang pe­serta mengungkapkan, se­la­ma lima hari, mereka akan mengikuti simulasi duduk di parlemen. Men­jadi anggota DPR RI, rapat-rapat komisi, menampung aspirasi masyarakat, mem­bahas RUU, rapat de­ngar pendapat, hingga kunjungan kerja dan seba­gainya.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top