Close

Ketua DPRD Soroti Tingginya Angka Penyalahgunaan Narkoba di Padang

RESES MASA SIDANG— Ketua DPRD Padang Syafrial Kani, Kapolsek Nanggalo Iptu Reggy, Lurah Gurun Laweh Juhendri bertoto bersama dengan warga usai reses masa sidang 1 di Masjid Nur Aqsa, Kampung Koto Keluruhan Gurun Laweh, Kecamatan Nanggalo, Sabtu (21/1).

GURUN LAWEH, METRO–Tingginya kasus narkotika menjadi perhatian khusus bagi ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani Dt.Rajo Jambi. Pasalnya, separuh Kota Padang kini sudah masuk zona merah kasus narkotika.

“Hal ini  menjadi perhatian serius oleh Pemerintah  Kota Padang, karena banyak yang men­jadi korban gara-gara nar­kotika,”  kata Syafrial Kani, Sabtu ( 21/1) saat mela­kukan reses masa sidang 1 tahun 2023,  di Masjid Nur Aqsa, Kampung Koto Kelu­ruhan Gurun Laweh, Ke­camatan Nanggalo.

Selain itu, ketua DPRD Kota Padang, juga menyo­roti tingginya kasus asusila yang mana menjadi korbannya anak-anak dan perempuan. “Selain narkoba saat ini masalah yang sangat serius juga, tingginya kasus asusila terhadap anak dan perempuan karena terus terjadi, harus ada jalan keluarnya,” imbuhnya.

Syafrial Kani menyebutkan, bahwa akan segera membuat rancangan perda inisiatif yakni Ranperda Masjid Pari­purna untuk menjawab persoalan ter­sebut. “Semuanya merupakan masalah kita dan seluruh pihak harus berperan aktif dalam menyelesaikan berbagai masalah yang ada di Kota Padang. Baik eksekutif  maupun legislatif,” kata ketua alumni SMAN 5 Padang itu.

Ia mengimbau kepada masyarakat, agar kembali menyemarakkan masjid. Selain untuk beribadah, masjid juga untuk musya­warah, dan menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di tengah masya­ra­kat.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar kem­bali masjid, kita hidupkan lagi masjid. Tidak sekedar beribadah, namun juga untuk kegiatan lainnya, seperti musyawarah untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada saat ini terjadi,” ujar Datuk Rajo Jambi ini.

Pada sisi lain, dalam reses tersebut, Syafrial Kani menerima berbagai aspirasi warga Kampung Koto Kelurahan Gurun La­weh termasuk usulan pelebaran jalan hingga bantuan pemberdayaan ma­sya­ra­kat melalui dana pokok pikiran.

“Dalam kesempatan ini, Insya Allah akan kita bantu Masjid Nur Aqsa akan dibantu Rp 50 juta dan juga Majelis Taklim, serta Forum  Anak Nagari Nanggalo,” katanya.

Senada itu, Syaiful  Ketua Yayasan Al Ikhwan. Lembaga  yang telah bergerak aktif dibidang penanggulangan narkoba dan dam­paknya sejak tahun 2008 mengatakan, angka penyalahgunaan dan yang terpapar pencandu narkoka di Kota Padang sudah sangat mengkhawatirkan.

“Sepanjang yayasan kami berdiri lebih kurang 1000 orang yang telah kita rehab. Wilayah orang yang kecanduan meliputi Su­matera Barat dan rata-rata juga banyak dari Kota Pa­dang,” kata Syaiful.

Hadir pada kesempatan itu, Kapolsek Nanggalo Iptu Reggy, Ketua Anak Nagari Nanggalp Yuldi Efendi, Ketua LPM  Arliardi dan Lurah Guru. Laweh Juhendri. (hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top