Close

Ketua DPRD Minta Pengerjaan Tepat Waktu, Proyek Jalan Lapau Balanjuang Kuranji Dikebut

PENGERJAAN JALAN — Ketua DPRD Padang Syafrial Kani melihat langsung proyek pengerjaan jalan Balai Baru-Lapau Balanjuang, yang menghubungkan Kelurahan Gunung Sarik dengan Perumnas Belimbing serta Lubuk Minturun.

BALAI BARU, METRO–Impian masyarakat Kelu­ra­han Gunung Sariak, Kecamatan Kuranji, yang sudah lama men­dambakan jalan bagus di tempat mereka, bakal segera terwujud. Saat ini, Pemko sedang bekerja membangun jalan beton di ruas jalan Balai Baru – Lapau Balan­juang, yang menghubungkan Kelurahan Gunung Sarik dengan Perumnas Belimbing serta Lubuk Minturun.

Jika jalan beton ini se­lesai, tidak hanya warga Kelurahan Gunung Sarik yang beruntung, namun juga sudah dipastikan pu­luhan ribu masyarakat yang melintas dapat me­nikmati akses jalan yang mumpuni.

Kondisi sebelumnya, badan jalan pada ruas ini rusak parah, akibat sering dilewati puluhan truk peng­angkut tanah clay setiap hari. Hal ini membuat ma­syarakat gerah, sehingga mereka sempat melaku­kan beberapa kali aksi pem­blokiran badan jalan, seba­gai bentuk protes ak­ses ja­lan yang sehari hari dile­wa­ti, mengalami keru­sakan.

Terealisasinya keingi­nan masyarakat agar bisa mendapat akses transpor­tasi yang bagus, disyukuri oleh Muhammad Abrar (36). Ia mengatakan bahwa dengan diperbaikinya jalan tersebut, merupakan seba­gai bentuk perhatian Pem­ko Padang atas aspirasi warga.

Abrar mengapresiasi Pemko Padang memba­ngun jalan beton untuk warga. Sebab jika dibangun dengan jalan aspal, tidak akan bertahan lama. Me­ngingat jalur ini merupakan jalur paling ramai dilewati berbagai jenis kendaraan bermuatan berat.

“Alhamdulillah impian warga sekitar supaya jalan ini dilakukan betonisasi sudah diwujudkan Pemko Padang. Warga sangat ber­syukur dengan keadaan sekarang. Mudah-muda­han mutu pekerjaan jalan berkualitas, sehingga jalan bisa menjadi tahan lama,” harapnya.

Febri Dantis (48), ma­syarakat sekitar dalam dis­kusi saat inspeksi menda­dak (sidak) Ketua DPRD Padang Syafrial Kanj, juga meminta Pemko Padang mengebut pekerjaan jalan sekarang. Sebab perbai­kan jalan cukup meng­gang­­gu pendapatannya sebagai pedagang.

“Kami berharap pe­kerjaan jalan diselesaikan dengan segera. Agar kami berjualan dengan nyaman dan penghasilan mening­kat,” pintanya.

Harapan sama disebut­kan, Evi Yanti (39), yang meminta agar pengerjaan jalan dan jembatan diker­jakan tepat waktu sesuai aturan yang berlaku. “Se­hari-hari yang sangat ter­dampak warga yang ber­jua­lan di sepanjang jalan. Disaat jalan ini dikerjakan tentunya berdampak seka­li, orang tidak ada yang membeli. Maka dari itu kami menyampaikan aspi­rasi kami kepada bapak Ketua DPRD Padang  Syaf­rial Kani untuk bisa me­nindaklanjuti keluhan dari warga ini, agar disam­pai­kan nantinya ke Pemko Padang,” harapnya.

Menanggapi itu, Ketua DPRD Padang Syafrial Kani saat sidak, Minggu (7/11) lalu, berjanji kepada ma­sya­rakat akan meminta Pemko Padang untuk me­lak­sa­nakan pekerjaan pem­ba­ngunan jalan ini sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dan aturan yang berlaku.

“Kami akan mengun­dang pihak terkait untuk mendapatkan kejelasan informasi terkait progres pembangunan jalan ini da­lam waktu dekat,” ujar Syafrial Kani yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kota Padang itu.

Syafrial Kani yang ber­gelar Datuak Rajo Jambi itu menambahkan, diharap­kan pada 2022 masyarakat sudah bisa menikmati in­frastruktur baru yang telah dibangun (jalan dan jem­batan). Sehingga nantinya bisa meningkatkan roda perekonomian dan melan­carkan mobilitas masya­rakat khususnya Kuranji dan sekitarnya. (hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top