Close

Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani Bantu 9 Unit Betor Pengangkut Sampah

PENYERAHAN BETOR— Ketua DPRD Padang Syafrial Kani menyerahkan 9 unit betor pengangkut sampah warga yang diperuntukkan untuk mengangkut sampah ke Lokasi Pembuangan Sampah (LPS) secara simbolis diserahkan di DLH Kota Padang,  Selasa (15/3).

BALAI BARU, METRO–Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Syafrial Kani menyerahkan 9 unit becak motor untuk pengangkut sampah kepada masya­rakat. Penyerahan becak motor yang bersumber dari dana pokok pikiran (pokir) tersebut dilakukan di halaman kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Selasa (15/3).

Kepada wartawan usai menyerahkan bantuan, Syaf­rial Kani mengatakan, bantuan becak motor ini disebar di wilayah Kota Padang, guna membantu ma­syarakat yang membutuhkan untuk transportasi pengangkutan sampah di komplek perumahan, sesuai dengan kondisi masing-masing daerah.

Pengangkutan sampah di komplek perumahan Kota Padang sebut Syafrial Kani, banyak yang tidak terjangkau, karena minimnya armada pengangkut sampah dari DLH Padang. Sehingga masyarakat terpaksa meletakkan sampah di pinggir jalan, agar petugas bisa mengangkut sampah.

“Untuk itu kepada peneri­ma bantuan, saya mengha­rapkan agar menjaga dan me­melihara becak motor yang telah dibantu. Supaya ter­j­aga dan tahan lama,” tutur­nya.

Syafrial Kani berharap dengan bertambahnya armada becak motor ini, hen­daknya kebersihan ling­kungan juga ditingkatkan. Karena lingkungan yang bersih, tentunya masya­rakat menjadi sehat.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Padang Mairizon mengatakan, penerima ban­­tuan hibah becak motor ini merupakan usulan dari proposal Ketua DPRD pada ta­hun 2021. Pendanaannya be­rasal dari pokir yang diti­tip­kan kepada Dinas Ling­ku­ngan Hidup.

Ia menyampaikan, hen­daknya becak motor ini digunakan untuk mengangkut sampah sekitar. Sehingga kebersihan lingkungan terjaga dengan baik. Di samping itu juga berharap masyarakat pemukiman berpartisipasi menjaga becak motor ini, supaya ma­sa pakainya lebih lama untuk memungut sampah.

Dinas Lingkungan Hi­dup, kata Mairizon tidak bertangung jawab penuh untuk pemakaiannya, bahkan hanya memfasilitasi penyaluran becak motor ini. Masyarakat yang bertanggung jawab untuk men­jaga kebersihan lingkungan dengan memakai fasilitas becak motor untuk pengangkutan sampahnya.

“Warna becak motor ini diberi warna merah, supaya masyarakat tahu bah­wa becak motor ini untuk pengangkut sampah. Masyarakat pun juga diharapkan berpartisipasi menyumbang untuk biaya transportasi dan perawatan. Karena tak ada subsidi dari pemerintah. Jangan biarkan orang yang diberi amanah untuk mengelola becak motor, bekerja sen­diri,” jelasnya.

Sementara salah satu penerima bantuan becak motor, Wage (57),  warga Jalan Gajah,  Kelurahan Air Tawar Barat, Kecamatan Padang Utara mengucapkan terima kasih atas bantuan Bapak Ketua DPRD Padang melalui Dinas Ling­kungan Hidup Kota Padang yang telah membantu becak motor sampah.

“Walaupun  Air Tawar Barat (ATB) bukan dapil beliau atas nama warga kami mengucapkan terimakasih kepada beliau (Ketua DPRD Padang). Insya Allah kami akan menjaga dan merawatnya betor ini kedepannya yang akan  diperuntukkan untuk membawa sampah-sampah di Air Tawar Barat ke lokasi pembuangan sampah terdekat,” tandasnya. (hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top