Close

Ketua Dewan Pengurus Apeksi Puji Dua Venue Rakernas Apeksi, Bima Arya: Sejarah Apeksi Bakal Tercatat di Padang

MAKAN SATE — Wali Kota Bogor Bima Arya yang juga Ketua Apeksi dijamu makan sate oleh Wali Kota Padang Hendri Septa, Selasa (8/3) malam. Kemarin, Bima Arya melaunching Indonesia City Expo Apeksi di Padang.

PADANG, METRO–Kota Padang bakal menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) pada tahun 2022 ini. Jika tak ada aral melintang, Rakernas Apeksi ke-15 itu dilaksanakan pada awal bulan Agustus mendatang.

Pelaksanaan Rakernas Apeksi di Padang terbilang berbeda. Akan banyak hal baru yang dilakukan di Padang. Semua itu akan menjadi sejarah sepanjang perhelatan Apeksi digelar selama ini. “Banyak hal ba­ru yang dilakukan di sini (Pa­dang) nantinya, itu se­mua akan menjadi sejarah nan­tinya,” tutur Ketua Apek­­si Bi­ma Arya saat laun­­ching Indonesia City Ex­po Apeksi di Padang, Rabu (9/3).

Bima menyebut, pada pelaksanaan Rakernas Apek­si di Padang pada bu­lan Agustus, terdapat tiga hal baru yang dilakukan. Pertama yakni dibangun­nya Tugu Apeksi di Aia Pacah. Tugu tersebut di­bangun di pusat perkan­to­ran.

“Di Padang akan ada tugu Apeksi, ini belum per­nah ada sebelumnya,” ucap­ Bima Arya yang juga Wa­li Kota Bogor itu.

Selain itu, pada gelaran Rakernas Apeksi nanti, Pem­ko Padang menye­leng­­ga­rakan pawai yang me­­lewati Pantai Padang. Me­nurut Bima Arya, hal ini belum pernah terjadi sebe­lum­nya. “Pantainya cantik sekali, tentu akan banyak warga yang datang nanti. Sepan­jang catatan kami, belum pernah pawai Apek­si di ping­gir pantai, ini isti­me­wanya Padang,” aku Bima.

Bima Arya juga me­nying­­gung hal baru yang akan dilakukan Pemko Pa­dang saat Rakernas Apeksi. Pada Agustus nanti, Padang akan dikunjungi anak muda per­wakilan setiap kota di Indonesia dan melakukan jam­bore. “Akan ada kemah anak muda di Padang, mereka ber­kumpul dan mem­ba­ngun dan merajut jaringan se­cara nasional,” papar Bima.

Bima Arya berharap, pelaksanaan Rakernas Apek­­si di Padang ber­lang­sung sukses nantinya. Ter­ba­ngun sinergi antar kota di In­donesia.

Sementara, Wako Hendri Septa ber­harap dukungan semua pi­hak agar terlaksananya Rakernas Apeksi. Ia meng­in­gin­­kan, Raker­nas Apeksi sekaligus me­meriahkan Hari Jadi Kota Padang.

Apeksi merupakan or­ga­nisasi seluruh pe­me­rintah kota di Indonesia. Dimana sebanyak 98 kota mulai dari Aceh sampai Papua berhimpun, yang dibagi kedalam 6 Wika ko­misariat.

Rakernas Apeksi me­rupakan sarana satu kota dengan kota untuk belajar, berbagi dan berkomunikasi. Menjadi sarana kepala da­erah berkomunikasi de­ngan pusat. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top