Menu

Ketua Demokrat Padang Tersangkut Dugaan Penyelewengan Dana Pokir Bansos Covid-19, Dipanggil Polisi, Ilham Maulana Ngaku Kurang Sehat

  Dibaca : 678 kali
Ketua Demokrat Padang Tersangkut Dugaan Penyelewengan Dana Pokir Bansos Covid-19, Dipanggil Polisi, Ilham Maulana Ngaku Kurang Sehat
Ilham Maulana Wakil Ketua DPRD Padang

PADANG, METRO–Wakil Ketua DPRD Padang, Ilham Maulana yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kota Padang tersangkut dugaan kasus penyelewengan dana pokok pikiran (pokir) tentang bantuan sosial (Bansos) covid-19.

Kasatreskrim Polresta Padang, Kompol Rico Fernanda, membenarkan adanya kasus dugaan penyelewengan dana Pokir atas terlapor Ilham Maulana dan  saat ini sedang dalam pemeriksaan Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polresta Padang.

“Rencananya hari ini penyidik akan melakukan pemeriksaan terhadap saksi terlapor, namun beliau tidak bisa hadir karena dalam kondisi sakit,” ungkap Kompol Rico Fernanda, Kamis Jumat (11/6).

Dikatakan Rico, kasus berawal dari laporan masyarakat sekitar dua bulan yang lalu. Dalam laporan tersebut ada indikasi dugaan terjadinya penyelewengan dana pokir yang dilakukan oleh yang bersangkutan.

Selama dalam penyelidikan kasus tersebut, pihaknya telah melakukan pemeriksaan sekitar 100 orang saksi. Penyidik juga telah mengundang yang bersangkutan untuk datang ke Polresta Padang sebagai saksi terlapor untuk klarifikasi kasus tersebut.

“Awalnya kami mengundang yang bersangkutan untuk datang pada hari Kamis (10/6) kemaren. Hanya saja, yang bersangkutan meminta penjadwalan ulang karena ada kegiatan. Yang bersangkutan menjadwalkan untuk datang pada hari ini Jumat (11/6) siang, namun hingga sore hari ini belum juga datang dan mengatakan ia dalam kondisi kurang enak badan,”sebut Rico.

Rico menambahkan, dengan tidak memenuhi panggilan hari ini, maka pihaknya akan mengatur penjadwalan ulang kembali yang menurut rencana akan dijadwal ulang kembali Senin depan.

“Dalam kasus dugaan penyelewengan dana pokir ini, kami telah memeriksa 100 orang saksi sejak dilaporkan dua bulan yang lalu. Sekarang tinggal menunggu yang bersangkutan untuk dimintai keterangan,”ungkap Rico.

Dijelaskan Rico, berkaitan dugaan penyelewengan dana pokir tersebut, jumlah dana yang diberikan kepada masyarakat penerma tidak sesuai jumlah yang ditetapkan pemerintah. Dimana dana ini diberikan untuk wilayah Daerah Pemilihan (Dapil) yang bersangkutan sebesar Rp 1,5 juta.

“Dana pokir misalnya untuk 80 orang sebanyak Rp1,5 juta per orang, tapi diminta kembali sebanyak Rp500 ribu. Yang menjadi persoalan adalah adalah dana yang dikembalikan sabanyak Rp500 ribu itu untuk apa,” terangnya.

Koran ini sudah berupaya melakukan konfirmasi melalui nomor Handphone Ilham Maulana, meski nomornya aktif, namun yang bersangkutan tidak mau mengangkat.

Sementara itu, Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani yang sedang berada di Kota Bukittinggi mengaku terkejut atas informasi adanya panggilan pemeriksaan terhadap Wakil Ketua DPRD Padang Ilham Maulana.

Ia mengatakan, selaku ketua DPRD Padang sampai sejauh ini pihaknya belum ada menerima surat pemberitahuan dari pihak penyidik Tipikor Polresta Padang ke lembaga DPRD Padang.

“Dalam kasus ini, lembaga DPRD Padang juga belum bisa memberikan sikap, karena belum ada surat resmi yang kami terima sebagai pimpinan DPRD,” ujar Syafrial Kani.

Konfirmasi terpisah, Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumbar, Januardi Sumka juga mengatakan baru mendapatkan informasi bahwa KetuaDPC Demokrat Kota Padang dipanggil pihak kepolisian sebagai saksi dalam kasus dugaan penyelewengan dana Pokir Bansos Covid-19.

“Kalau memang betul ada pemeriksaan, kita yakin Ketua DPC Partai Demokrat sangat koperatif untuk mengikutinya,” kata Januardi Sumka.

Januardi Sumka juga mengaku, pihaknya belum bisa memberikan komentar lebih banyak, sebab sampai saat ini belum ada laporan secara resmi yang masuk ke DPD Partai Demokrat Provinsi Sumatra Barat.

“Untuk sikap Demokrat Sumbar dalam kasus ini seperti apa, tentu masih menunggu hasil pemeriksaan resmi dari penyidik kepolisian terlebih dahulu. Artinya, kita jangan sampai salah dalam menyikapi,” pungkasnya. (rom/hsb)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional