Menu

Ketua dan Komisi III DPRD Agam Turun ke Lapangan, Tinjau Kondisi Jalan Lariang Hilir Palupuh

  Dibaca : 106 kali
Ketua dan Komisi III DPRD Agam Turun ke Lapangan, Tinjau Kondisi Jalan Lariang Hilir Palupuh
TINJAU JALAN— Rombongan Ketua DPRD Agam dan Komisi III meninjau kondisi Jalan Lariang Hilir Batipuh Kecamatan Palupuh.

AGAM, METRO
Rombongan Ketua DPRD Agam Novi Irwan dan Komisi III mengunjungi Jalan Lariang Hilir Nagari Nan Tujuah Kecamatan Palupuh. Kedatangan ketua beserta Komisi III DPRD Agam disambut gembira masyarakat di Jorong Lariang Nagari Na Tujuah Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam. Pada kesempatan tersebut, hadir Camat Palupuh Hasrizal, Walinagari Nan Tujuh Tarmizi Hakim, wakil KAN M.Ridwan Dt Garang, Ketua Bamus Nan Tujuah Yosef Hendri, KSB Agam Adelina Sofia SAg dan beberapa tokoh masyarakat serta unsur PKK, Senin (12/10).

Sementara, Komisi III DPRD Agam dalam kunjungan tersebut juga hadir ketua DPRD Agam Novi Irwan, Aderia ketua Komisi, Nesi Harmita, Hendrizal, Antonis dan Armalicon, pendamping dari sekretariat serta humas DPRD serta turut mendampingi dari dinas PU dan BPBD Agam.

Selanjutnya, dalam rangkaian kunjungan tersebut Ketua Komisi III Aderia mengatakan beberapa hari sebelum ini ada surat masuk ke DPRD Agam dan langsung direspon pimpinan DPRD dengan membuat agenda komisi III untuk langsung turun lapangan ke Kecamatan Palupuh.

Hari ini sangat istimewa kunjungan Komisi III untuk menjemput aspirasi ke masyarakat Kecamatan Palupuh karena turut dihadiri langsung Ketua DPRD Agam Novi Irwan, Komisi III akan menggiring bersama-sama dan difokuskan pengiringan anggaran untuk pembangunan pengaspalan jalan Lariang ke Paluganan, sampai ke RKPD setelah itu baru masuk ke APBD dan itu badan anggaran yang akan membahas bersama Tim.

“Tapi di Banggar juga ada beberapa anggota dari komisi III untuk mengiringnya, sementara ini diminta kepada masyarakat untuk bersabar menunggu karena penganggaran di APBD itu ada tahap-tahap yang harus dilalui,“ jelas Aderia.

Sementara, M.Ridwan Dt Garang yang mewakil Ketua KAN Nagari Nan Tujuh ada rasa bahagia yang sangat luar biasa dalam kunjungan DPRD kali ini, karena baru beberapa hari memasukan surat ke DPRD Agam, rupanya langsung dijawab dan direspon DPRD Agam. Hari ini sampai dilokasi dan juga hadir ketua DPRD, harapan tidak ada yang lain-lain yaitu jalan ini bisa diaspal dan masyarakat bisa membawa hasil taninya ke pasar tidak memakan biaya besar,” ujar Ridwan.

Anggota DPRD Agam dari Komisi III Hendrizal yang merupakan putra daerah juga waktu pembukaan jalan Lariang menjabat sebagai Walinagari Nan Tujuah. Dalam kesempatan tersebut Hendrizal mengatakan, jalan ini dirintis pada tahun 2014 lalu. Waktu itu dibuat dalam moment program goro badunsanak.

Masyarakat baik yang ada di kampung maupun di perantauan sangat mendukung dan berharap sekali jalur Lariang ke Paluganan diaspal harapan itu yang terus disampaikan oleh masyarakat. Dengan kunjungan komisi III yang juga hadir Ketua DPRD Agam Novi Irwan harapan yang terpendam itu bisa terkabulkan dalam waktu dekat”.

Jalan Lariang yang dibuka lewat swadaya masyarakat dan perantau di tahun 2014, pada tahun 2019 sudah masuk ke renja PU dan berharap kepada bapak dan ibuk komisi III di DPRD Agam untuk menjadikan usulan ini jadi prioritas karena lokasi ini sangat strategis karena tembusnya di Pasaman kalau itu terwujud Jorong Lariang akan dikenal orang luar karena tembus jalanya ke Pasaman.

Ketua DPRD Agam Novi Irwan mengatakan, pembangunan jalan di Jorong Lariang telah dilakukan beberapa tahun yang lalu tapi belum sampai ke batas pasaman dan kita berharap bisa dilanjutkan tahun 2021 ini untuk diaspal sesuai dengan harapan masyarakat.

“Sekarang pembangunan Agam harus bersinergi dengan tungku tigo sajarangan, masyarakat, DPRD dan pemerintah kalau itu sudah bersinergi semuanya akan terselesaikan, khusus jalan Lariang kita akan usahakan menjadi prioritas utama,” ujar Novi.

Ia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah ikut membantu pekerjaan pemerintah membuka jalan dengan memberikan tanah untuk jalan dan dilanjutkan goro badunsanak ini perlu dicontoh oleh nagari lain, juga meminta kepada Camat untuk ikut meninjau apakah sudah ada didalam Renja PU usulan ini apabila semua sudah bersinergi semua lambat laun akan selesai juga, dewan akan menggiring langsung nanti di Banggar usulan dari masyarakat ini. (pry)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional