Close

Ketentuan Nobar Piala Dunia dari Mendagri

Mendagri Tito Karnavian

JAKARTA, METRO–Mendagri Tito Karnavian menyampaikan ketentuan pelaksanaan kegiatan pengumpulan orang ramai, khususnya pada kegiatan nonton bareng (nobar) Piala Dunia 2022 selama periode 20 November hingga 18 Desember 2022.

Tempat nonton bareng wajib menerapkan penggunaan aplikasi Pedulilin­dungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai. “Hanya pengunjung de­ngan kategori hijau dalam aplikasi Pedulilindungi yang boleh masuk,” terang dia.

Individu dengan tingkat risiko tinggi penularan Covis-19 seperti lansia berumur 60 tahun ke atas atau individu yang memiliki komorbida dilarang masuk.

“Kegiatan nonton ba­reng diupayakan dilakukan di tempat terbuka atau tempat berventilasi baik dan menggunakan hepafilter,” urainya. Orang-orang yang ada di lokasi tempat nonton bareng Piala Dunia 2022 wajib menggunakan masker, dibuka hanya ketika makan dan minum, diwajibkan mencuci tangan, dan tetap menjaga jarak.

Pelaksanaan kegiatan nonton bareng serta pengunjung yang ikut kegiatan tersebut juga harus me­ngikuti protokol kesehatan yang diatur oleh pemerintah daerah.

Tidak hanya soal pemberlakuan pembatasan ke­giatan masyarakat, pada Inmendagri, Mendagri Tito Karnavian juga memasukkan ketentuan soal vaksinasi Covid-19. Gubernur setelah mendapatkan suplai vaksin dari Kementerian Kesehatan diminta segera mendistribusikan ke kabupaten dan kota, tidak menahannya sebagai cadangan atau stok di pro­vinsi.

Inmendagri juga memuat tentang kegiatan e­dukasi tentang pandemi dan bahayanya Covid-19. Beberapa edukasi yakni soal Covid-19 paling menular pada kondisi tertutup dengan pertemuan yang lebih panjang dari 15 menit, interaksi jarak dekat de­ngan aktivitas bernapas kuat seperti bernyanyi, berbicara, atau tertawa.

Edukasi juga membi­carakan tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun atau membersihkannya dengan hand sanitizer secara berulang, literasi mengenai jenis masker, hingga pertimbangan tempat kegiatan yang dapat mencegah penularan Co­vid-19. (jpg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top