Menu

Ketahanan Pangan Nasional pada pandemi Covid-19, Danlantamal Pilih Talas Mentawai untuk Ditanam

  Dibaca : 213 kali
Ketahanan Pangan Nasional pada pandemi Covid-19, Danlantamal Pilih Talas Mentawai untuk Ditanam
Dafit Santoso

PADANG, METRO
Tepatnya di areal parkiran Dinas Angkutan dan Dinas Perbekalan Lantamal II di Kelurahan Rawang Jundul Kecamatan Padang Selatan Kota Padang, dilaksanakan senam sajojo dan senam gemu famire. Senam yang dipandu para prajurit wanita atau Korp Wanita TNI AL (Kowal) serta para PNS Wanita Lantamal, merupakan awal dari kegiatan sebelum dimulainya penanaman Talas Mentawai.

Jumat (10/7) ) Lingkungan Sehat, Bersih dan Produktif merupakan Tema Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II dalam menggalakan serta mensukseskan Ketahanan Pangan Nasional yang digagas pemerintah pusat dari presiden, diteruskan ke jajaran TNI,  Mabesal, Koarmada 1 dan Lantamal II. Areal perkebunan yang berada di lingkungan Dinas Angkutan dan Dinas Perbekalan Lantamal II   dilaksanakan penanaman Talas Mentawai.

“Talas Mentawai ini merupakan tanaman jenis umbi yang mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup baik untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh. Merupakan bahan makanan yang dapat pengganti beras sebagai makanan pokok. Di beberapa daerah umbi Talas masih menjadi bahan makanan pokok para penduduknya,” ujar Danlantamal II Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso didampingi Kadispen Lantamal Mayor Laut (T) Syahrul.

Komandan Lantamal (Danlantamal) II Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso di dampingi Ketua Kordinator Cabang 2 Daerah Jalasenastri Armada (DJA) 1 Ibu Firza Dafit Santoso melakukan penanaman bibit Talas Mentawai. Ikut mendampingi penanaman Talas Wadanlantal Kolonel Marinir  Freddy JH Pardosi. S.E., S.H., M.M dan Wakil Ketua Korcab 2 DJA 1 ibu Christina Freddy JH Pardosi, Pejabat Utama, Pengurus Jalasenastri, Kasatker, Prajurit dan PNS Lantamal II.

“Mari kita ciptakan lingkungan yang Sehat, Bersih serta Produktif sehingga kita semua dapat merasakan manfaatnya, terutama dalam masa Covid -19 ini.” katantya.

Lebihjauh dikatakan Dafit Santoos, penanaman talas Mentawai ini, merupakan kelanjutan dari kegiatan pangan yang sudah dilaksanakan sebelumnya, seperti penebaran bibit ikan nila dan perikanan pada keramba kerapu serta penanam sayuran, penanaman jagung, jeruk lemon yang sudah di laksanakan penanamannya di Markas Komando (Mako) Lantamal beberapa hari yang lalu. Kelanjutan ketahaanan pangan ini kita teruskan dengan penanaman talas Mentawai yang juga tidak kalah hebat manfaatnya nanti.

“Kepada prajurit muda atau yang masih tidur dalam silahkan laksanakan berkebun sambil olah raga dengan mencakul, kalian akan dapat merasakan hasilnya ketika panen. Rawat dan pelihara kebun ini agar kita dapat mendapatkan hasilnya nanti,” ajak Dafit Santoso. (ped)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional