Menu

Kesulitan Oksigen, Wako Pariaman Pinjamkan Ventilator ke RSUP M Djamil

  Dibaca : 66 kali
Kesulitan Oksigen, Wako Pariaman Pinjamkan Ventilator ke RSUP M Djamil
RSUP M Djamil Padang kesulitan oksigen, karena banyak pasien covid 19, melihat kondisi demikian kemarin Walikota Pariaman H Genius Umar pinjamkan ventilator ke RSUP M Djamil.

PARIAMAN, METRO–RSUP M Djamil Padang kesulitan oksigen, karena banyak pasien covid 19. Melihat kondisi demikian kemarin Walikota Pariaman H Genius Umar pinjamkan ventilator ke RSUP M Djamil.

Wali Kota Pariaman, Genius Umar menyatakan rumah sakit kekurangan pasokan oksigen karena membludaknya pasien Co­­vid-19 dan banyaknya pa­sien yang bergejala be­rat, yang memerlukan ok­sigen dan harus dirawat intensif.

“RSUP M Djamil sangat membutuhkan ventilator untuk kebutuhan oksigen pasien, dan Alhamdu­lil­lah, Pemko Pariaman sekarang  telah memberikan bantuan peminjaman ventilator se­banyak 8 buah untuk k­e­butuhan pasien Covid-19 di RSUP M Djamil,” ujar dr. Andani Eka Putra, Kepala Laboratorium Pusat Diag­nostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kesehatan UNAND (Universitas An­dalas), kemarin.

Dia apresiasi untuk Wal Kkota Pariaman H Genius Umar yang telah mengizin­kan untuk meminjamkan ventilator 8 buah untuk RSUP M Djamil Padang, karena pasien banyak yang ngantri masuk ICU karena Covid-19, karena kebutu­han ventilator akhirnya menunggu ada pasien yang meninggal terlebih dahulu baru bisa masuk ICU.

Andani juga mencerita­kan Kapasitas tempat tidur ICU. RSUP M Djamil Pa­dang tersedia 255 tempat tidur khusus untuk pasien Covid-19, yang kini sudah penuh, karena itu saat ini ada penambahan seba­nyak 86 ketersediaan tem­pat tidur tambahan untuk ICU RSUP M Djamil.

Untuk situasi saat ini, RSUP M Djamil Padang berada di posisi tanggung jawab terakhir untuk m­enangani pasien Covid-19 yang memiliki gejala berat atau kritis di Provinsi Su­matera Barat, oleh sebab RSUP hanya akan fokus untuk menangani pasien gejala berat.

“Selain itu, saat ini ter­dapat tiga daerah di Sum­bar yang masuk dalam Pemberlakuan Pemba­ta­san Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat mulai ke­marin, 12 Juli 2021 yakni Kota Padang, Padang Pan­jang, dan Bukittinggim,” ujarnya.

Wali Kota Pariaman, Genius Umar memberi per­hatian khusus untuk pasien Covid-19 yang ada di Sumatera Barat, khu­susnya yang dirawat in­tensif dan memerlukan ventilator untuk pasokan oksigen, karena itu, di­rinya meminjamkan ventilator yang ada di da­erahnya untuk RSUP M Djamil.

“Semoga apa yang kita lakukan ini dapat mem­bantu pasien Covid-19 yang memerlukan ventilator ini, karena kami mendapat laporan bahwa ada yang ngantri sampai 2 hari untuk bergantian memakai ventilator di RSUP M Djamil, karena itu kita memin­jamkan  ventilator ini,” tuturnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional