Close

Kesiapan Menyambut Pesta Pantai Piaman 2019, Sarana Dibenahi, Ekonomi Masyarakat Meningkat

FOTO BERSAMA— Wali Kota Genius Umar di Pantai Gandoriah foto bersama bundo kandung dan Cik Uniang Cik Ajo.

Kota Pariaman – KOTA Pariaman merupakan Kota yang mempunyai potensi Sumber Daya Alam (SDA) khususnya Pantai yang sangat indah, yang dikembangkan menjadi wisata pantai di Kota Pariaman. Atas dasar itulah Wali Kota Pariaman H Genius Umar dan Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin yang baru saja dilantik sebagai kepala daerah untuk lima tahun ke depan tetap perioritas pariwisata sebagai sarana untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Berbagai sarana para sarana di sepanjang Pantai Pariaman terus dilakukan pembenahan. Lihat saja Pantai Gandoriah hingga kini semain indah dan enak untuk dikunjugi para wisatawan dari berbagai daerah, baik lokal maupun luar negeri. Kondisi demikian dilakukan pasangan walikota tersebut untuk pencapaian visi dan Kota Pariaman menjadikan Kota Pariaman sebagai kota tujuan wisata. Apalagi meyambut lebaran ini Pantai Kota Pariaman kembali ramai.’

Pasalnya, Pemko Pariaman kembali melaksanakan pesta pantai yang telah rutin dilakukan setiap lebaran masuk. Makanya, menjelang hari lebaran Idul Fitri 1440 H /2019 M berbagai kawasan objek wisata di Kota Pariaman dibenahi oleh Pemerintah Kota Pariaman salah satunya adalah kawasan objek wisata Pantai Kata yang terletak di Desa Taluak Kecamatan Pariaman Selatan.

Untuk menarik para pengunjung yang datang ke Pantai Kata Pariaman batu-batuan yang ditumpuk di dekat jalan hingga menuju Pondok Anjungan dekat pantai di beri cat berwarna warni hingga sedap di pandang mata dan menjadi salah satu spot selfi yang menarik dan di cari oleh pengunjung untuk mereka mengabadikan momen-momen indah mereka ketika berkunjung ke Pantai Kata.

Sebelum batu yang bertumpuk ini di beri cat warna warni oleh Pemerintah Kota Pariaman keberadaannya memang tidak menarik perhatian pengunjung yang datang, apalagi batu yang bertumpuk itu ditumbuhi oleh rumput ilalang sehingga seperti semak dan tidak terawat.

Dengan alasan itulah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman melalui Dinas Pekerjaan Umum Kota Pariaman mengambil inisiatif dengan menyiasatinya untuk diberi cat warni warni sehingga menambah semarak icon wisata yang ada di Pantai Kata. Setelah pengecatan selesai dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Pariaman, keindahan Pantai Kata semakin bertambah dan masyarakat sekitar serta pengunjung yang datang merasa senang sekali karena banyak spot selfie yang bisa di ambil di tempat wisata bahari Pantai Kata ini.

Bahkan para pedagang yang ada di sana merasa bersyukur karena dengan demikian pendapatan ekonomi mereka semakin meningkat dengan bertambahnya pengunjung yang datang untuk berwisata ke Pantai Kata. Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman kembali akan menggelar Pesta Pantai pada musim lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1440 H mendatang.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Pariaman Alfian mengatakan, jika Pesta Pantai ini selalu diadakan pada setiap tahunnya di Kota Pariaman, karena telah menjadi kegiatan tahunan yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

“Walaupun setiap tahunnya acara ini selalu lancar tentu saja kami ingin ada perobahan-perobahan kearah yang lebih baik dengan kelemahan-kelemahan yang terjadi pada tahun sebelumnya,” katanya.

“Sehingga pesta pantai ini bisa terselenggara dengan baik dan juga bisa menunjang program pemerintah disektor pariwisata sehingga tercipta keamanan dan kenyamanan pengunjung yang datang untuk menikmati pesta pantai nantinya,” ujarnya.

Katanya, Pesta Pantai itu akan diselenggarakan selama sepuluh hari terhitung dari 6 hingga 16 Juni 2019. Titik fokus lokasi penyelenggaraan adalah Pantai Gandoriah, Kota Pariaman. Pasalnya, lokasi itu selalu diramaikan oleh para pedagang yang biasanya setiap lebaran berjualan dengan mendirikan pondok-pondok, namun sekarang tidak dibolehkan lagi dan hanya boleh memakai tenda payung yang ditata dengan rapi oleh panitia. “Selain itu di Pantai Gandoriah juga ditempatkan Posko Kesehatan, dan tempat bermain untuk anak-anak, dan menjelang H-7 Lebaran Idul Fitri 1440 H/ 2019 M Panitia dan Petugas Keamanan sudah berada di lokasi untuk memantau kondisi dan mempersiapkan segala sesuatunya menjelang lebaran datang dan juga menjalin kerjasama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Pariaman,” jelas Alfian.

Sedangkan Kapolres Kota Pariaman yang diwakili Kabag Ops Kompol M. Yanis mengatakan, karena banyaknya wisatawan yang datang berkunjung ke Pesta Pantai nanti, perlu adanya peningkatan penjagaan keamanan untuk mereka dari hal-hal yang bisa merugikan mereka. Hal yang sama juga diungkapkan Dandim 0308 yang diwakili oleh Danramil Mayor Inf. Pakaya. Menurutnya, perlu untuk memperhatikan kelayakan kapal yang disewakan kepada para pengunjung supaya tidak terjadi kecelakaan pada saat berangkat maupun kembali ke Pulau Angso Duo. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top