Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata dengan Pemeriksaan Rutin

Ilustrasi/Pixabay

POSMETROPADANG.CO.ID – Mata menjadi salah satu organ tubuh penting sebagai jendela kehidupan. Maka dari itu, sejak dini harus selalu menjaga kesehatan mata. Pentingnya menjaga kesehatan mata ini agar terbebas dari segala penyakit yang dapat mengganggu penglihatan.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Secara Berkala

Mata merupakan indra penglihatan yang berfungsi mempersepsikan bentuk, warna dan ukuran dari suatu objek. Jika sampai terkena sakit mata, maka dapat menurunkan produktivitas.

Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan rutin untuk mencegah dan deteksi dini masalah pada mata. Pemeriksaan rutin ini akan memberikan banyak manfaat. Bahkan dapat mengetahui gejalanya sebelum menjadi nyata.

Pemeriksaan rutin bagi yang sedang menggunakan lensa kontak atau kacamata setidaknya satu tahun sekali. Karena seiring waktu, kondisi mata dapat berubah. Kemudian bagi yang tidak menggunakan kacamata atau mempunyai keluhan khusus, tetap dianjurkan melakukan pemeriksaan satu kali setahun.

Meskipun mata dalam keadaan baik-baik saja, namun dengan melakukan pemeriksaan mata berkala dapat mendeteksi masalah kesehatan mata yang menjadi tindakan preventif untuk menjaga kesehatan mata menyeluruh.

Persiapan Sebelum Pemeriksaan Mata

Jika terdapat gejala atau ketidaknyamanan pada mata Anda, segera konsultasikan dengan ahlinya. Baik itu mata kering, perubahan tiba-tiba pada penglihatan atau silau berlebihan, maka berikan informasi dengan jelas kepada dokter. Sehingga dokter dapat mendeteksi masalah yang terjadi dengan baik.

Setelah melakukan pemeriksaan, maka dokter akan memberikan hasilnya dan resep. Ikuti saran dokter mata, sehingga dapat memastikan jika kacamata Anda akan memberikan koreksi penglihatan secara optimal.

Kesalahan kecil dalam penglihatan, membuat berbagai aktivitas sehari-hari kurang nyaman. Sehingga sebagai tindakan pencegahan, maka rawat kacamata yang dapat membuat perbedaan besar.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Mengingat pentingnya menjaga kesehatan mata, maka biasakan untuk mengonsumsi asupan makanan bergizi dan sehat. Misalnya saja buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang. Tambahkan pula protein hewani seperti daging dan ikan tanpa lemak.

Air putih merupakan cairan terbaik untuk tubuh. Penuhi kebutuhan cairan minimal 2,5 liter per hari untuk dewasa atau 2,1 liter per hari untuk anak-anak. Kekurangan cairan dalam tubuh bisa berdampak pada kesehatan, termasuk kesehatan mata, seperti mata gatal dan kering.

Tips berikutnya adalah gunakan alat pelindung mata agar terhindar dari cedera mata yang disebabkan oleh benda asing, paparan bahan kimia atau cahaya matahari. Maka, gunakan kacamata hitam ketika di bawah terik sinar matahari atau pakailah kacamata pelindung saat sedang berenang dan di tempat yang terpapar bahan kimia. Kemudian rutin periksakan kesehatan mata minimal satu tahun sekali.

PAFI Turut Berkontribusi pada Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat

PAFI merupakan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia yang mempunyai peran strategis untuk menciptakan masyarakat sehat. Selain itu, juga berkontribusi terciptanya kemakmuran dan keadilan sosial. Organisasi ini merupakan wadah tenaga bakti di bidang farmasi

PAFI penyedia akses terhadap pelayanan farmasi profesional dan obat-obatan berkualitas. Organisasi ini juga berfokus pada kesejahteraan anggota dan memberikan program pengembangan profesional dan dukungan karier.

Untuk memperkuat peran PAFI, banyak program kegiatan yang dilakukan seperti seminar, pelatihan teknis dan workshop. Pengurus pusat PAFI berkedudukan di wilayah NKRI dengan berasaskan Pancasila. Untuk informasi PAFI dengan web resmi pafi.id di https://pafi.id.

Pemeriksaan secara berkala menjadi investasi terbaik untuk menjaga kesehatan mata. Bahkan dapat mencegah potensi masalah kesehatan mata yang lebih serius. Pentingnya menjaga kesehatan mata agar mata tetap sehat dan tajam sepanjang masa.

Exit mobile version