Close

Kesehatan Generasi Milenial, Cukup Dibekali Kartu JKN-KIS

Jufri HusenPeserta JKN-KIS.

SIMPANGBENTENG, METRO–Generasi Milenial atau generasi Y adalah generasi yang lahir sekitar tahun 1980 hingga tahun 2000-an pada saat teknologi telah maju. Generasi yang cerdas dan berpendidikan. Dan selalu berkutat dengan teknologi canggih dan tidak lepas dari smartphone.  Jaminan Ke­sehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), untuk generasi milenial cukup penting.

Apalagi, inovasi dari program BPJS Kesehatan berbasis tek­nologi. Seperti aplikasi Mobile JKN sudah ada dalam genggaman.  Bisa diakses dimana saja dan kapan saja sepanjang ada sinyal dan paket data.

Salah seorang generasi Milenail, Jufri Husen (20), warga Jorong Abdurahman, Nagari Tigo Jangko, Ke­camatan Lintau Buo, Ka­bupaten Tanah Datar, me­nyebut bahwa kartu JKN-KIS sebagai jaminan kesehatan sangat perlu dan penting untuk dimiliki oleh generasi muda.

Tidak hanya untuk jaminan berobat diklinik kesehatan atau rumah sa­kit, tetapi, kartu JKN-KIS sudah menjadi syarat dan ditanya saat hendak men­daftar kesalah satu pe­kerjaan dipemerintahan. Dirinya saat hendak me­ngikuti tes masuk Polisi tahun 2019 lalu, sempat ditanya terkait ada atau tidak kartu JKN-KIS.

“Saya ber­syukur saat itu, saya me­miliki kartu JKN-KIS. Se­hingga saya tidak harus mengurus baru, cukup mem­perlihatkan kartu JKN-KIS, saya sudah dapat me­menuhi syarat untuk masuk mendaftar dikepolisian. Coba saat itu tidak ada, tentu saya akan repot mengurus tergesa-gesa. Jadi sebaik­nya kita persiapan dari se­karang, sedia payung se­belum hujan,” sebutnya.

Selain itu, dengan ada­nya kartu JKN-KIS, anak muda atau generasi Mi­lenial tidak perlu lagi kha­watir saat jauh dari orangtua bila sakit. Karena, sudah dibekali dengan kartu JKN-KIS, dan cukup datang ke­tempat pelayanan kese­hatan, sudah bisa men­dapatkan pelayanan kese­hatan secara gratis.

“Kalau sedang kuliah, sekolah atau bekerja jauh dari orang­tua atau kampung halaman. Kita tidak perlu menunggu kiriman uang dari orangtua dulu baru berobat. Tapi cukup mem­perlihatkan kartu JKN-KIS ditempat pelayanan ke­sehatan, kita sudah bisa mendapatkan pelayanan berobat secara gratis,” se­but Generasi Y ini.

Dirinya juga menyebut, kemudahan-kemudahan layanan yang diberikan BP­JS Kesehatan bisa diakses dimana saja melalui HP. Termasuk, saat antrian di klinik kesehatan atau ru­mah sakit juga bisa dike­tahui melalui Handphone. Jadi, aplikasi layanan yang diberikan BPJS Kesehatan sangat cocok untuk ge­nerasi Milenial.

“Kita ha­rapkan, BPJS Kesehatan terus memberikan kemu­dahan dalam pelayanan kesehatan kepada ma­sya­rakat. Kita yakin inovasi-inovasi baru akan terus muncul, apalagi saat ini di tengah pendemi covid-19, mau tidak mau, BPJS Kese­hatan harus berinovasi de­ngan menggunakan tek­nologi cangggih,” harapnya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top